Selasa, 30 Mar 2021 08:45 WIB

Pentingnya Asupan Multivitamin Meski Sudah Disuntik Vaksin

Inkana Putri - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Penyebaran COVID-19 di Indonesia hingga saat ini masih terus berlangsung. Pemerintah pun telah melakukan berbagai upaya guna menekan kasus COVID-19, salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi COVID-19.

Meski demikian, vaksinasi COVID-19 ternyata bukan menjadi alasan masyarakat dapat berhenti menerapkan pola hidup sehat. Melansir World Health Organization (WHO), dr. Katherine O'Brien menyampaikan uji klinis menunjukkan bahwa vaksin melindungi orang dari penyakit.

Namun, saat ini belum diketahui apakah vaksin juga dapat melindungi orang yang baru saja terinfeksi COVID dan melindungi penularan virus atau tidak. Bahkan, Centers for Disease Control (CDC) pun menyebut setelah divaksinasi penuh terhadap COVID-19, masyarakat harus tetap berhati-hati di tempat umum dengan memakai masker, menjaga jarak, menghindari keramaian serta mencuci tangan.

Hal ini mengingat jumlah vaksin masih terbatas dan masih banyak masyarakat yang belum divaksinasi. Tak hanya itu, menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin juga merupakan hal penting.

Sejak COVID-19 mewabah di dunia, mengonsumsi vitamin kerap disebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyebut suplementasi nutrisi dapat berperan suportif pada pasien COVID-19.

Pemberian nutrisi dengan dosis harian yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan seperti vitamin D, C, E, Zinc, dan asam lemak omega-3 juga memungkinkan memberi efek positif pada pasien COVID-19. Terlebih nutrisi tersebut terkenal dengan sifat antioksidan dan efek imunomodulatornya.

Adapun kandungan tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, susu, daging sapi dan makanan bergizi lainnya. Selain itu, multivitamin dan zinc juga dapat dikonsumsi melalui suplemen Prove Z.

KalbeFoto: Dok. Kalbe

Prove Z merupakan suplemen yang mengandung zinc dan multivitamin antara lain vitamin C, B1, B6, B12 dan E. Dengan mengonsumsi Prove Z secara rutin, daya tubuh tentu akan terlindungi dan terjaga dengan baik.

Multivitamin dalam Prove Z juga akan membantu proses distribusi vaksin COVID-19 agar tubuh tetap produktif dan tidak drop. Prove Z juga telah teregistrasi di BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi.



Simak Video "WHO Dukung Kelanjutan Penggunaan AstraZeneca Berdasarkan Data "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)