Senin, 29 Mar 2021 15:00 WIB

Ramai Kabar Tes GeNose di Bandara, Amankah Perjalanan Via Udara saat Pandemi?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Layanan tes GeNose kini hadir di Stasiun Bekasi. Tes GeNose ini untuk penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ). Ramai kabar tes GeNose di bandara per 1 April 2021. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Terkait penanganan COVID-19, pemerintah menetapkan kebijakan tes GeNose C-19 digunakan sebagai syarat perjalanan menggunakan pesawat, berlaku per 1 April 2021.

Alat ini sudah lebih dulu digunakan sebagai syarat perjalanan menggunakan kereta api dan luar kawasan satu aglomerasi. Namun seiring kebijakan baru, alat ini pula akan digunakan di bandara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat menjelaskan bahwa di tahap awal, tes GeNose akan dipakai di 4 bandara yakni Kualanamu (Medan), Husein Sastranegara (Bandung), Yogyakarta International Airport, dan Juanda (Surabaya).

Dalam kesempatan lainnya, VP Corporate Strategy Citilink Indonesia, Ir Heriyanto, MMS menyebut, perjalanan menggunakan pesawat di tengah pandemi sebenarnya cenderung aman.

Pasalnya, pesawat memiliki sistem sirkulasi udara sehingga risiko transmisi virus antar penumpang idealnya bisa diminimalkan.

"Jadi sirkulasi udara memang diarahkan ke bawah, bukan ke samping. Secara dalam waktu tertentu udara dalam pesawat selalu diputar keluar, ada yang masuk juga. Memang hasil studi bilang, pesawat itu kabin mestinya sangat aman" terangnya dalam webinar oleh RS Premier Bintaro, Sabtu (27/3/2021).

Di samping upaya proteksi oleh penumpang, pihak pesawat kini menerapkan protokol kesehatan tersendiri. Di antaranya, lembaran petunjuk safety dan majalah tidak lagi tersedia di belakang setiap kursi. Tujuannya, mencegah antar penumpang bergilir memegang benda untuk menekan risiko penularan.

Perjalanan domestik dengan pesawat di tengah pandemi memang umumnya lebih aman. Namun meski durasi perjalanan cenderung lebih pendek, Heriyanto menekankan, protokol kesehatan wajib tetap dijalankan.

"Ikuti arahan dari kru pesawat. Mereka selalu mengulang-ulang bahwa hand sanitizer bisa dipakai kala perlu. tetap jaga prokes juga dalam pesawat. Gunakan masker, hindari makan dan minum di dalam pesawat" pungkasnya.

Pemeriksaan sebelum perjalanan turut digencarkan. Tak lain, melalui penggunaan tes GeNose yang baru saja ditetapkan pemerintah.



Simak Video "Syarat Tes GeNose Saat Sedang Berpuasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)