Selasa, 30 Mar 2021 10:03 WIB

Kenali Gangguan Pernapasan pada Anak dan Cara Mencegahnya

Content Promotion - detikHealth
winix Foto: winix
Jakarta -

Anak-anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang lebih banyak dibanding orang dewasa. Menurut WHO, anak-anak bernapas lebih cepat jika dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh volume paru-paru anak yang masih kecil sehingga frekuensi bernapas mereka lebih banyak.

Diketahui, anak-anak berumur 3 tahun bernapas 20 hingga 30 kali setiap menitnya sedangkan bayi yang baru lahir bernapas 30 hingga 40 kali per menit. Sementara itu, orang dewasa justru memiliki frekuensi bernapas yang lebih rendah yaitu 12 hingga 18 kali setiap menitnya.

Anak-anak dan bayi memiliki jumlah frekuensi pernapasan yang lebih banyak daripada orang dewasa, namun imunitas tubuh mereka masih rendah. Hal ini membuat bayi dan anak-anak lebih rentan untuk terkena masalah pernapasan.

Tak hanya itu, ada berbagai faktor penyebab masalah pernapasan pada bayi dan anak-anak seperti infeksi virus, bakteri, dan kualitas udara sekitar yang bisa membuat bayi serta anak-anak terkena penyakit pernapasan. Berikut beberapa contoh penyakit pernapasan yang rentan terjadi pada bayi dan anak-anak.

  • Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan pada saluran udara menengah dan besar di paru-paru yang biasanya rentan pada bayi berusia kurang dari 12 bulan. Penyebab bronkitis adalah virus syncytial (RSV). Diketahui, penyakit ini biasanya berselang singkat dengan gejala yang paling umum dialami oleh anak-anak seperti batuk berdahak. Tak hanya itu, terdapat juga gejala lainnya berupa sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, nyeri di dada, dan sesak napas.

  • Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab umum masalah pernapasan. Penyebab alergi pernapasan bisa beragam macamnya, misalnya karena serbuk sari, debu-debu halus, bulu-bulu hewan peliharaan, asap rokok, dan asap kendaraan.

Anak-anak dengan alergi biasanya tampak dari adanya gejala seperti cairan bening dan encer dari hidung atau hidung tersumbat, bersin, dan mata berair. Selain itu, sering kali ada lingkaran hitam di bawah mata (allergic shiners). Saat alergi muncul, tak jarang anak-anak juga dapat kehilangan nafsu makan mereka.

  • Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi saluran pernapasan bagian bawah yang disebabkan oleh bakteri pneumonia. Penyakit ini rentan terjadi saat pilek atau flu. Pada penderita pneumonia, kuman masuk ke dalam saluran pernapasan dan mengalahkan sistem kekebalan tubuh hingga akhirnya menyebabkan infeksi.

Anak-anak dengan penyakit pneumonia umumnya sulit bernapas karena paru-paru mereka berisi cairan dan nanah. Selain itu, terdapat gejala lain dari pneumonia seperti batuk, demam, menggigil, napas yang cepat, sakit di dada karena batuk yang kuat, juga detak jantung yang cepat.

  • Asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang rentan terjadi pada anak-anak berusia kurang dari 5 tahun. Penyakit asma merupakan pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan menyempit, mengeluarkan lendir, dan menyebabkan kesulitan bernapas.

Penyebab asma dipicu oleh alergi dari serbuk sari, debu, bulu-bulu halus, dan tungau. Tak hanya itu, asma juga bisa disebabkan oleh penyakit sinusitis. Peradangan pada selaput lendir menyebabkan membran mengeluarkan lebih banyak lendir.

Tahukah Anda? Polutan udara seperti debu, virus, bakteri, PM 2.5, asap, bulu-bulu hewan peliharaan, dan partikel tidak kasat mata lainnya memiliki tingkat polutan yang lebih tinggi di dalam ruangan. Tingkat polutan udara dalam ruangan ini juga dapat diperparah saat Anda dalam kegiatan memasak atau renovasi.

Oleh karena itu, Anda harus memberi perhatian ekstra pada bayi dan anak-anak yang imunitas tubuhnya masih rendah dengan menjaga imunitas tubuh mereka dan memperhatikan kualitas udara yang dihirup.

Ada salah satu yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kualitas udara di ruangan tetap baik, yakni dengan menggunakan air purifier. Teknologi air purifier berfungsi untuk menjernihkan udara dengan cara menyaring udara yang masuk lewat filter dan mengeluarkan udara yang bersih dan segar.

Memilih produk air purifier pun tak bisa sembarangan, terlebih jika penggunaannya untuk anak-anak. Oleh karena itu, Anda perlu paham betul sertifikasi dan filter yang digunakan sebelum membeli produk air purifier termasuk produk air purifier dari Winix yang bisa menjadi solusi masalah kualitas udara ruangan di rumah Anda.

winixwinix Foto: winix

Winix merupakan perusahaan spesialis air purifier asal Korea Selatan yang telah berdiri sejak tahun 1973. Winix telah memiliki sertifikasi internasional dari AHAM, Energy Star, EL, UL, ECARF & UK ALLERGY, CARB yang membuat kualitas serta keamanan produknya semakin terjamin.

Winix memiliki dua produk air purifier yang kini hadir di Indonesia, yaitu Winix 2020EU dan Winix Zero Compact. Keduanya dilengkapi dengan 4 jenis filtrasi termasuk juga teknologi Plasmawave. Adapun fungsi 4 filtrasi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pre-filter: Menyaring polutan udara berukuran besar seperti rambut, debu-debu halus, serbuk sari.
  • Filter Karbon Aktif: Menyaring polutan udara seperti VOC (Volatile Organic Compound), bau dan asap ruangan.
  • Filter True HEPA: Menangkap 99,97% alergen di udara termasuk; serbuk sari, spora jamur, debu, bulu hewan peliharaan, mikroba, dan asap (partikel berukuran sekecil 0,3 mikron)
  • Teknologi Plasmawave: Melepaskan ion positif dan negatif ke udara dan menghancurkan polutan tanpa meninggalkan zat berbahaya.

Teknologi Plasmawave dari Winix juga dapat mengurangi keberadaan virus dan bakteri di udara. Hal ini didasarkan pada uji laboratorium independen yang dilakukan kepada Virus Influenza A H3N2, E. coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Salmonella typhimurium.

winixwinix Foto: winix

Tak hanya menghancurkan polutan, teknologi Plasmawave dari Winix juga memiliki keunggulan untuk dapat mengurangi bau dan asap ruangan serta menjaga kelembapan ruangan.

Air purifier dari Winix dapat membantu membuat lingkungan rumah dan udara dalam ruangan yang lebih bersih untuk mencegah bayi dan anak-anak dari masalah pernapasan. Dengan ini, bayi dan anak-anak juga dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal.

Tanpa perlu repot, Anda bisa memperoleh produk air purifier dari Winix melalui e-commerce Shopee di Winix Indonesia Official Shop. Anda juga bisa memperoleh informasi lebih lanjut mengenai Winix dengan mengunjungi akun Instagram @winix.id serta website Winix di www.winix.id.

(ads/ads)