Kamis, 01 Apr 2021 15:06 WIB

Amankah Bila Minyak Kayu Putih Diminum? Ini Penjelasannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Minyak kayu putih Minum minyak kayu putih diklaim bisa meringankan penyakit. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Sebagian orang percaya minyak kayu putih bisa diminum untuk meredakan sakit tertentu. Sebagai contoh ramuan air hangat yang telah dicampur beberapa tetes minyak kayu putih disebut dapat meredakan kondisi mulai dari perut kembung, sakit perut, hingga pilek atau hidung tersumbat.

"Cobain deh minum minyak kayu putih kalo batuk enak loh," contoh komentar dari salah satu pengguna Twitter.

Dikutip dari WebMD, minyak kayu putih atau cajuput oil memang biasa digunakan sebagai obat luar untuk meredakan nyeri. Hal ini terjadi karena kandungan senyawa cineole yang ada di dalam minyak bersifat iritan pada kulit dan memberi efek rasa hangat.

Sampai saat ini disebut tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan minyak kayu putih secara oral, meski mungkin tak berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

"Sejumlah kecil minyak kayu putih kemungkinan aman sebagai zat tambahan pada makanan. Belum ada informasi yang cukup untuk benar-benar mengetahui apakah mengonsumsi minyak kayu putih dalam dosis besar aman secara medis dan apa saja potensi efek sampingnya," tulis WebMD.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania, pernah menjelaskan bahwa minyak kayu putih yang dijual secara umum tidak dianjurkan dikonsumsi. Ini karena minyak tersebut biasanya sudah dicampur oleh bahan lain.

"Tidak dianjurkan untuk diminum. Karena minyak kayu putih yang beredar umumnya bukan lagi yang murni 100 persen. Minyak kayu putih yang ada di pasaran sudah dicampur dengan kerosin, minyak lemak, dan minyak palsu," kata Inggrid dalam webinar Farmasi UI beberapa waktu lalu dan sudah dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Mengonsumsi minyak kayu putih yang sudah dicampur dengan bahan lain berisiko menyebabkan keracunan. Selain itu, ada juga risiko efek samping hipoglikemia.

"Ada efek samping hipoglikemia yaitu gula darah menurun drastis apalagi pada penderita diabetes yang meminum obat antidiabetes," ungkap Inggrid.

Bila ingin mencoba ramuan minyak kayu putih, Inggrid menyarankan membuatnya sendiri dengan merebus daun kayu putih segar. Air rebusan tersebut kemudian bisa diminum untuk meringankan gejala batuk dan pilek.

"Siapkan 12 gram daun kayu putih segar dan dua gelas air atau 400 ml. Lalu, rebus daun tersebut hingga air tersisa setengahnya," pungkasnya.



Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)