Kamis, 01 Apr 2021 18:23 WIB

Risiko Diabetes di Usia Muda, Yuk Mulai Pola Hidup Sehat Sedari Dini!

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
Diabetes Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selama ini, diabetes identik dengan penyakit kalangan orang lanjut usia. Hal ini karena diabetes, khususnya diabetes tipe 2 lebih banyak diderita oleh orang tua.

Namun, jangan salah, karena kini diabetes tipe 2 juga banyak ditemukan pada orang berusia muda. Hal ini disebabkan oleh perubahan pola hidup yang semakin tidak sehat. Peningkatan kasus diabetes di usia muda ini juga ternyata terjadi di Indonesia.

Sayangnya, tidak banyak anak muda di Indonesia yang sadar akan bahaya dan ancaman diabetes ini. Hasil survei terhadap 129 responden berusia 20-34 tahun di Indonesia menunjukkan hanya 16,3 persen responden yang percaya bahwa dirinya berisiko tinggi terhadap diabetes. Kondisi ini jelas mengkhawatirkan. Sebab berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Lancet Diabetes & Endocrinology, 1 dari 5 diabetesi di Asia ternyata didiagnosis terkena diabetes pada usia di bawah 40 tahun.

Di samping itu, kasus diabetes di usia muda sangat mengkhawatirkan karena berkaitan erat dengan berbagai masalah kesehatan serius dan kondisi sindrom metabolik lainnya. Sebuah jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyebut diabetesi di usia muda cenderung mengalami tingkat perbaikan kadar gula darah yang lebih rendah, dan lebih berisiko membutuhkan perawatan insulin.

Selain itu, berdasarkan data-data yang dilaporkan pada jurnal Diabetes Management juga menunjukkan kaum muda yang menderita diabetes cenderung lebih agresif dan memiliki risiko komplikasi yang lebih besar.

Komplikasi diabetes ini umumnya terjadi lebih awal, termasuk kerusakan ginjal dan penyakit jantung, yang kemudian dapat meningkatkan risiko kematian dini. Tidak hanya itu saja, merujuk pada hasil riset The Lancet Diabetes & Endocrinology, diagnosis diabetes di usia 20 hingga 40 tahun disebut berkaitan dengan usia harapan hidup yang lebih pendek. Bahkan, mencapai 14 sampai 16 tahun lebih rendah.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mulai beralih ke pola hidup sehat guna menekan risiko diabetes. Jaga berat badan dalam kisaran normal. Tidak lupa untuk rajin berolahraga serta membatasi asupan gula dan lemak harian.

Diabetes Foto: Tropicana Slim

Salah satu cara menjaga asupan gula yaitu dengan memilih camilan bebas gula dan rendah kalori, seperti Tropicana Slim Korean Garlic Cookies. Kukis ini memiliki rasa gurih yang nikmat dengan kandungan kalori per sajian 100 kkal. Dengan Tropicana Slim Korean Garlic Cookies, kamu bisa ngemil tanpa khawatir!



Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)