Jumat, 02 Apr 2021 11:37 WIB

4 Jenis Kanker Tiroid, Salah Satunya Dialami Thalita Latief

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Thalita Latief saat ditemui di studio Trans TV. Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Diidap sejak 2020 lalu, Thalita Latief harus berjuang melawan kanker tiroid. Di tengah kasus perceraiannya dengan suami, ia menceritakan perjuangan melawan kanker tiroid seorang diri.

"Saya ini yang tersakiti, saya yang terzalimi, saya yang jatuh bangun gitu untuk di kehidupan saya pribadi. Sampai saya sakit terkena kanker tiroid itu," ucapnya.

Kanker tiroid seperti yang dialami Thalita Latief memiliki beberapa perbedaan. Dari kanker tiroid papiler hingga foliker, apa sih bedanya?

Berikut penjelasannya, dikutip dari Mayo Clinic.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Kanker Tiroid yang Diidap Thalita Latief

1. Kanker tiroid papiler

Kondisi paling umum yang ditemukan adalah kanker tiroid papiler. Muncul dari sel foliker yang memproduksi dan menyimpan hormon tiroid.

Biasanya paling banyak nenyerang usia 30 hingga 50 tahun. Dokter terkadang memasukkan jenis kanker tiroid papiler sebagai kanker tiroid yang dibedakan.

2. Kanker tiroid folikuler

Kanker tiroid folikuler juga muncul dari sel folikel tiroid. Berbeda dengan kanker tiroid papiler, ia menyerang orang yang berusia di atas 50 tahun.

Kanker ini adalah jenis kanker tiroid folikel yang langka dan berpotensi paling agresif atau berbahaya.

3. Kanker tiroid anaplastik

Kanker tiroid anaplastik merupakan jenis kanker tiroid langka yang mulai muncul di sel folikel. Ia tumbuh dengan cepat dan sangat sulit diobati.

Kanker tiroid anaplastik biasanya terjadi pada orang dewasa berusia 60 tahun ke atas.

4. Kanker tiroid meduler

Kanker tiroid meduler berkembang di bagian sel tiroid yang disebut sel C, yang menghasilkan hormon kalsitonin. Peningkatan kadar kalsitonin dalam darah dapat mengindikasikan kanker tiroid meduler pada tahap yang sangat awal.

Sindrom genetik tertentu meningkatkan risiko kanker tiroid meduler, meskipun hubungan genetik ini jarang terjadi.

Sementara jenis langka lainnya termasuk limfoma tiroid, yang dimulai di sel sistem kekebalan tiroid. Serta sarkoma tiroid, yang dimulai di sel jaringan ikat tiroid.

Ciri-ciri terkena kanker tiroid tak selalu mudah diidentifikasi lantaran gejalanya tidak khas. Namun, jika memiliki benjolan yang bisa dirasakan melalui kulit di leher, sulit menelan, hingga pembengkakan kelenjar getah bening di leher, perlu waspada!



Simak Video "Efek Samping Konsumsi Kopi dan Teh di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)