Jumat, 02 Apr 2021 19:03 WIB

Waduh, Bayi Laki-laki di Irak Lahir dengan Tiga Penis

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi ereksi Seorang bayi lahir dengan tiga penis. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Seorang bayi laki-laki di Duhok, Irak, lahir dengan tiga penis. Hal ini diketahui setelah orang tuanya membawa bayi berusia tiga bulan itu ke rumah sakit.

Dikutip dari Daily Mail, kisah ini bermula ketika orang tua dari bayi tersebut merasa khawatir karena skrotum atau kantong zakar sang buah hati terlihat bengkak dan terdapat dua benjolan di area alat kelaminnya. Satu berukuran 2 centimeter terletak di pangkal penisnya, sedangkan yang lainnya berukuran 1 centimeter berada di bawah kantong zakar.

Meski begitu, dokter mengatakan hanya satu penis yang berfungsi, yakni penis utama. Sementara dua lainnya tidak memiliki uretra atau saluran urine.

Laporan kasus ini pun telah diterbitkan dalam International Journal of Surgery Case Reports. Disebutkan, ini merupakan kondisi langka yang hanya terjadi satu di antara 6 juta kelahiran bayi laki-laki, yang lahir dengan lebih dari satu penis.

Saat ini memang sudah tercatat ada 100 kasus bayi laki-laki yang lahir dengan dua penis di seluruh dunia, namun tiga penis sangatlah langka. Sebelumnya, tahun 2015 juga sempat dikabarkan ada bayi laki-laki asal India yang juga lahir dengan tiga penis, tetapi para ahli belum bisa membuktikan kisah tersebut karena kondisinya tidak pernah diterbitkan di jurnal medis.

Dr Sharkir Saleem Jabali, penulis laporan ini, mengatakan bahwa bayi asal Irak itu sudah dipastikan tidak memiliki masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, tim dokter melakukan operasi pengangkatan dua penis tambahan tersebut, sehingga bayi itu bisa hidup normal.



Simak Video "Bayi di Florida Punya Antibodi COVID-19, Ini Penjelasan Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)