Senin, 05 Apr 2021 16:04 WIB

Bayinya Kena TBC, Ibu Ini Berpesan Jangan Sembarangan Cium Anak Orang

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral cerita anak kena TBC diduga karena dicium orang lain. Foto: dok Pribadi/@terrazayn
Jakarta -

Rima Amalia (27) bercerita pengalaman anaknya, Terra, yang harus berjuang melawan tuberkulosis (TB/TBC) di usia 1 tahun. Wanita yang berdomisili di Tangerang ini mengimbau agar orang-orang tak sembarangan menciumi bayi atau anak orang lain karena bisa menularkan penyakit.

Dalam video yang viral di TikTok, Rima menduga sang anak tertular TBC ketika dicium oleh orang lain. Ini karena menurut pengakuan orang tua dan dokter, lingkungannya memang memiliki angka kasus TBC yang cukup tinggi.

@terrazayn

Peringatan buat semuanya. Waspada anak stunting. yuk bisa yuk bun!. ##stunting ##fyp ##foryourpage ##tiktokpintar ##tiktoksamasamabelajar

♬ Bahasa Kalbu - Raisa & Andi Rianto

"Di rumah saya tetangganya ramah-ramah. Saking ramahnya ya mungkin itu jadi suka cium-cium dan pegang anak orang," kata Rima pada detikcom, Senin (5/4/2021).

"Saya bukan nyalahin orang ya. Cuma memang menurut dokter anak yang periksa anak saya, cium itu salah satu media penyebaran bakteri yang paling umum pada anak-anak," lanjutnya.

Terra disebut pertama kali menunjukkan tanda-tanda sakit ketika berat badannya stagnan di usia yang seharusnya mengalami pertumbuhan pesat. Rima menyebut Terra tampak begitu kurus ketika difoto hingga keluarga akhirnya memutuskan untuk cek kesehatan.

Terra kemudian didiagnosis positif TBC pada Agustus 2020. Ia harus rutin mengonsumsi obat antibiotik setiap hari selama sekitar sembilan bulan.

Tiap bulan Rima rutin membawa Terra kontrol ke dokter untuk memastikan perkembangannya.

"Yang pasti saya bikin postingan itu buat mengingatkan banyak orang aja kalau sama anak orang jangan sembarangan dipegang-pegang kalau enggak diizinin orang tuanya. Apalagi kalau dirinya lagi sakit," pungkas Rima.



Simak Video "Mereplikasi Program 3T Covid-19 untuk Kasus TBC"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)