Selasa, 06 Apr 2021 12:02 WIB

Akhirnya, Arab Saudi Bolehkan Umroh untuk Jemaah yang Sudah Vaksin COVID-19

Vidya Pinandhita - detikHealth
Arab Saudi yang menutup sementara perjalanan umroh untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Berikut foto-foto suasana terkininya. Arab Saudi memperbolehkan umroh untuk jemaah yang telah divaksin COVID-19. Foto: AP Photo
Jakarta -

Mulai Ramadhan 2021, Arab Saudi memperbolehkan umroh untuk orang yang sudah disuntik vaksin COVID-19. Disebutkan, hanya orang sudah divaksin yang diperbolehkan salat di Masjidil Haram, Mekkah dan Masjid Nabawi, Madinah.

Dikutip dari Saudi Gazette, sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi, Senin (5/4/2021), izin ini diberikan juga untuk orang yang sudah disuntik vaksin dosis 1 dalam kurun waktu setidaknya 14 hari terakhir, atau yang sudah sembuh dari COVID-19.

Para petugas yang bekerja selama bulan Ramadhan pun diwajibkan menerapkan protokol kesehatan untuk menekan risiko penyebaran virus.

Hingga kini, belum ada kepastian soal sampai kapan kebijakan tersebut berlaku. Mengingat, total kasus COVID-19 di Arab Saudi kini tercatat sebanyak 393.000 kasus positif, dengan 6.697 kematian.

Sesuai tata cara yang ditetapkan, jemaah yang akan salat dan mengunjungi dua Masjid Suci harus mendaftar lebih dulu melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna, menyesuaikan jam operasional yang berlaku.

Jemaah nantinya akan diminta menunjukan izin dan verifikasi dari aplikasi tersebut, langsung dari rekening pemegang izin dalam aplikasi.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengingatkan, verifikasi hanya bisa dilakukan lewat aplikasi tersebut, sehingga jemaah perlu berhati-hati dengan situs web dan kampanye palsu.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)