Selasa, 06 Apr 2021 18:45 WIB

Viral Wanita Cuma Menstruasi 2 Kali dalam Setahun, Ternyata Kena Penyakit Ini..

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral seorang wanita cuma bisa menstruasi dua kali selama setahun. Viral wanita mengaku cuma menstruasi dua kali selama setahun. (Foto: Tangkapan layar TikTok)
Jakarta -

Viral di media sosial, seorang wanita mengalami gangguan menstruasi selama bertahun-tahun. Disebutkan, terkadang ia hanya mengalami haid sebanyak dua kali setahun.

Kisah ini dibagikan oleh Sastia Roria (23) lewat akun TikTok, @sastiaiaia, dan telah ditonton lebih dari 350.000 pengguna. Sastia mengaku periode menstruasi tidak teratur sudah dialaminya sejak duduk di bangku SMP.

Selain mengalami gangguan menstruasi, ia juga merasa berat badannya mudah sekali naik.

"Aku pribadi memang dari awal menstruasi pun tidak lancar bisa 2-3 bulan sekali dan paling parahnya setahun cuma dua kali. Kondisi lainnya body fat atau lemak tubuh cenderung tinggi, sering bloating kalau makan-makanan tertentu," kata Sastia saat dihubungi detikcom, Senin (5/4/2021).

"Padahal harusnya siklus mens yang normal di 21-35 hari," lanjutnya.

Hingga akhirnya ketika sudah menginjak di usia 20-an, ia mulai merasa ada yang aneh dengan dirinya, karena siklus menstruasi yang tak kunjung normal. Namun, ketika memeriksakan diri ke dokter kandungan, ia dikatakan hanya mengalami stres.

Tak puas dengan hasilnya, Sastia memutuskan pergi ke Singapura untuk memeriksakan kesehatan dirinya. Hasilnya, ia didiagnosis terkena polycystic ovary syndrome (PCOS).

"Pas umur 21-22 cek ke obgyn, tapi jawabannya sama karena memang faktor stres," ujarnya.

"Obgyn di Indonesia, padahal ini sudah USG dan tes darah juga. Baru pas aku ke Singapura didiagnosis PCOS, karena dari hasil USG sana ada kista kecil-kecil gitu," jelasnya.

@sastiaiaia

dulu masih dikit banget yang aware sama #pcos , kalau sekarang mah udah banyak keliatannya #tiktoksehat #pcosawareness

♬ Bongo cha-cha-cha - Remastered - Caterina Valente

Apa itu PCOS?

Dikutip dari Mayo Clinic, PCOS merupakan gangguan keseimbangan hormon yang kerap terjadi pada wanita. Umumnya PCOS terjadi pada wanita di usia reproduksi aktif.

Gejala yang diidap wanita saat terkena PCOS salah satunya mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Hal ini bisa terjadi karena kadar hormon testosteron berlebih di dalam tubuh.

Salah satu dampak dari PCOS adalah sulit hamil atau mengalami kondisi tidak subur (infertil).



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)