Rabu, 07 Apr 2021 08:45 WIB

Penting! 4 Pencegahan COVID-19 yang Simpel Tapi Terbukti Efektif

Ayunda Septiani - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Pencegahan COVID-19 bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Meskipun program vaksinasi sudah dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu, namun tetap menerapkan dan disiplin terhadap protokol kesehatan tetap terus dijalankan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara pencegahan COVID-19 yang perlu diterapkan agar terhindar dari virus Corona.

1. Memakai masker

Masker saat ini menjadi salah satu alat pelindung diri yang nggak boleh ketinggalan lho saat kamu berada di luar rumah. Sebab, masker berfungsi untuk mencegah penularan virus Corona.

Ada beberapa jenis masker yang bisa kamu pakai, baik itu sekali pakai, masker bedah, masker kain, hingga masker N95.

Beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat untuk mewaspadai peredaran masker medis palsu.

Terlebih, dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, masker medis yang digunakan mestinya yang sesuai dengan standar dari Kementerian Kesehatan. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya penularan virus Corona.

2. Mencuci tangan

Dalam beberapa kasus penularan Corona, diprediksi terjadi saat tangan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi dengan virus, kemudian tidak sengaja memegang wajah, mata, ataupun hidung,

Nah, untuk itu, kamu diwajibkan ya untuk selalu cuci tangan.

3. Menjaga jarak

Selain mencuci tangan, pencegahan COVID-19 lainnya bisa dilakukan dengan menjaga jarak atau social distancing. Kamu disarankan setidaknya 1 meter antara kamu dengan orang lain.

Menjaga jarak ini berguna untuk menghindari kamu dari seseorang yang batuk atau bersin, sebab mereka akan mengeluarkan percikan air liur dari mulut yang mengandung virus.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Pencegahan COVID-19 lainnya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh, Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat nih seperti sayur, buah, serta makanan yang mengandung protein tinggi.

Tak hanya itu, vitamin C, vitamin E juga bisa banget lho kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan pencegahan COVID-19.



Simak Video " 5 Lokasi Sumber Penularan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)