Kamis, 08 Apr 2021 21:43 WIB

7 Obat Kolesterol Alami yang Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Good HDL and bad LDL cholesterol written on blackboard by unrecognizable doctor with stethoscope Foto: iStock
Jakarta -

Obat kolesterol alami ternyata mudah ditemukan dan sering ditemui di sekitar kita. Obat-obat alami ini bisa dikonsumsi setiap hari untuk mencegah tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi. Untuk itu, para penderita kolesterol harus menjaga kadar kolesterolnya.

Untuk mengatasinya, berikut beberapa obat kolesterol alami yang bisa dikonsumsi setiap hari, yang dikutip detikcom dari berbagai sumber.

Bawang putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Salah satu penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi bawang putih selama 1-3 bulan, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Protein kedelai

Dikutip dari Healthline, kacang kedelai dan makanan yang dibuat dengan bahan tersebut bisa sedikit menurunkan kolesterol. Contoh produk-produk protein kedelai seperti tahu, susu kedelai, dan kacang kedelai khusus.

Jahe

Berdasarkan studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe bisa menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Penelitian lain juga mengatakan jahe ini dapat mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol HDL.

Untuk mengkonsumsi obat kolesterol alami ini, bisa dengan cara dimakan mentah, dicampurkan ke makanan, dan juga dalam bentuk suplemen.

Tomat

Dikutip dari Times of India, tomat yang kaya akan vitamin dan mineral ini bisa mendetoksifikasi tubuh, merangsang sirkulasi darah, dan melawan berbagai jenis kanker. Selain itu, tomat juga bisa menjadi obat kolesterol alami yang mengurangi kadar kolesterol, meningkatkan penglihatan, dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Lemon

Jus lemon yang mengandung vitamin C jika dikonsumsi setiap hari bisa mengurangi tingkat LDL dalam tubuh. Dengan kandungan asam sitratnya yang tinggi, bisa menjadi pembersih tubuh alami yang terbaik.

Untuk mendapat hasil yang terbaik, bisa mengkonsumsi jus lemon saat perut kosong.

Biji ketumbar

Obat kolesterol alami lainnya adalah biji ketumbar. Ini bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Cara mengkonsumsinya, rebus dua sendok makan biji ketumbar dalam segelas air. Saring air rebusan dan minum setelah dingin. Jika ingin hasil yang efektif, konsumsi dua kali dalam sehari.

Seledri

Obat kolesterol alami yang bisa ditemui di dapur terakhir adalah seledri. Seledri ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung serta mencegah oksidasi kolesterol jahat.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)