Jumat, 09 Apr 2021 17:15 WIB

Viral Debat Pembalut Dicuci Dulu Vs Langsung Buang, Ini Kata Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Pembalut dicuci dulu Vs langsung dibuang Perdebatan netizen tentang pembalut bekas pakai harus dicuci terlebih dahulu atau tidak sebelum dibuang. (Foto: Tangkapan layar viral TikTok)
Jakarta -

Sebuah perdebatan tentang kebiasaan antara mencuci pembalut dan tidak sebelum dibuang viral di media sosial. Video ini dibagikan oleh akun TikTok @fuserep dan telah ditonton lebih dari 2,3 juta pengguna.

"Ada beberapa orang yang lebih nyaman untuk mencuci lebih dulu pembalutnya sebelum dibuang. Ada juga yang langsung membungkusnya dengan plastik lalu dibuang," ucap akun tersebut, dikutip detikcom atas izin pengguna, Jumat (9/4/2021).

Perbedaan kebiasaan ini pun tak lepas dari kepercayaan masyarakat yang meyakini bahwa jika pembalut bekas pakai tak dicuci lebih dahulu sebelum dibuang, maka wanita tersebut akan diganggu dengan hal-hal mistis.

"Contohnya kaya dijilat kuntilanak terus bakalan sakit perut, bahkan ada yang bilang bakalan mandul," ujar @fuserep.

Sebenarnya, dari sisi kesehatan pembalut bekas pakai itu sebaiknya dicuci dahulu atau langsung dibuang sih?

Menurut dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG, sebenarnya tak ada yang salah jika ingin mencuci pembalut terlebih dahulu atau tidak sebelum dibuang. Asalkan, pembalutnya dibuang dengan cara yang benar.

"Kalau dari sisi medis, terutama dalam kesehatan genitalia perempuan, sebenarnya nggak ada hubungannya antara harus dicuci dahulu atau boleh langsung dibuang," kata dr Dinda saat dihubungi detikcom, Jumat (9/4/2021).

"Tapi kalau misalnya kita memikirkan masalah limbah, memikirkan masalah pencemaran dari darah, itu yang memang lebih baik habis dari pembalutnya dibungkus langsung dan dibuang," tambahnya.

Sementara itu, dokter kandungan di RS Pondok Indah, dr Ni Komang Yeni Dhana Sari, SpOG, mengatakan bahwa masyarakat tak perlu takut dengan mitos yang beredar tentang jika pembalut tak dicuci terlebih dahulu sebelum dibuang akan membawa sial.

"Itu sih mitos ya, kalau pembalut memang biasanya dibuang begitu saja setelah dibungkus, tidak ada masalah menurut saya, itu hanya kebiasaan saja. Toh nanti semua sampah akan dibakar," jelas dr Yeni dalam wawancara terpisah.

Oleh karena itu, dr Yeni mengatakan sebaiknya apa pun kebiasaan yang dipilih dalam mengolah pembalut bekas pakai, pembalutnya harus dibuang dengan cara yang benar agar tidak mencemari lingkungan.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/fds)