Jumat, 09 Apr 2021 20:29 WIB

Viral Kakek 'Kebal' Tak Mempan Disuntik, Komnas KIPI Saja Terheran-heran

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
viral kebal jarum suntik Seorang kakek seolah 'kebal', kulitnya tak mempan suntikan jarum (Foto: Tangkapan Layar Viral)
Jakarta -

Beredar video seorang kakek yang tak bisa disuntik vaksin COVID-19. Bukan karena punya penyakit komorbid atau masalah kesehatan lain, kakek ini 'kebal' tak mempan disuntik karena jarum tak bisa menembus kulitnya.

Video berdurasi 19 detik yang pertama dibagikan di media sosial itu pun mendadak viral dan menyita perhatian warganet. Nggak sedikit yang menganggap sang kakek punya 'ilmu' yang membuatnya tak mempan disuntik.

"Belum ada yang seperti itu, nggak ada laporan di dunia kayanya nggak ada. Cuma di situ aja kali ya, kayanya di dunia itu mungkin bisa dilaporkan ke WHO," ucap Ketua Komnas KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) Prof Hingky Hindra Irawan Satari seraya tertawa saat berbincang dengan detikcom, Jumat (9/4/2021).





Hingga saat ini masih belum jelas kondisi kakek di video tersebut. Publik pun masih dibuat penasaran apakah sang kakek pada akhirnya bisa dapat vaksin atau harus menunda.

Dihubungi terpisah, dokter spesialis kulit dari DNI Skin Centre dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK menyebut ada penyakit autoimun yang membuat seseorang mengalami pengerasan pada kulit. Namun mereka yang punya kondisi ini pun masih bisa mendapat suntikan vaksin COVID-19.

Sulit untuk mengetahui kondisi sang kakek tanpa pemeriksaan lanjutan. Padahal lansia harusnya lebih mudah untuk disuntik karena kulitnya lebih tipis.

"Kulit orang tua lebih tipis ketimbang dewasa seharusnya lebih mudah untuk disuntik," sebut dr Darma.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)