Selasa, 13 Apr 2021 07:00 WIB

Fakta-fakta Kasus Langka Bayi Terlahir dengan 3 Penis, Pertama di Dunia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Three ripe yellow bananas on a bright red paper background. Flat lay, copy space, concept postcard or banner Ilustrasi triphallia (Foto: Getty Images/iStockphoto/ed chechine)
Jakarta -

Pertama kalinya di dunia, seorang bayi laki-laki dilaporkan lahir dengan kondisi triphallia. Kondisi ini membuat bayi tersebut punya 3 phallus atau penis yang terbentuk sejak embrio.

Bayi tersebut lahir di Buhok, Irak, baru-baru ini dan telah menjalani pengangkatan kedua penis ekstra. Dilaporkan di International Journal of Surgery Case Reports, bayi ini dalam kondisi sehat setahun setelah operasi.

Kondisi langka

Dikutip dari Livescience, terlahir dengan penis ekstra atau supernumerary adalah kondisi bawaan langka, diperkirakan hanya terjadi pada 1 di antara 5 juta hingga 6 juta kelahiran hidup.

Pada kasus di Irak ini, kedua penis ekstra punya jaringan untuk ereksi yang disebut corpus cavernosum. Saat teraliri darah akibat rangsang seksual, jaringan ini memungkinkan terjadinya ereksi.

Kedua penis ekstra juga memiliki jaringan corpus spongiosum yang menunjang uretra atau saluran urine. Namun kedua penis ekstra ini tidak memiliki uretra, yang dalam operasi pengangkatan jadi faktor yang mempermudah.

Diduga faktor genetik

Meski langka, temuan penis 'supernumerary' pernah dilaporkan oleh John Martin, profesor anatomi dari St Louis University School of Medicine. Salah satu jenazah untuk penelitian yang didonasikan seseorang punya kondisi serupa, tepatnya punya penis ganda atau diphallia.

Prof John menyebut, jenazah tersebut meninggal di usia 84 tahun. Melalui pemeriksaan genetik, ia berusaha mengungkap penyebab kondisi langka tersebut. Hasilnya, ditemukan sejumlah mutasi pada gen yang berhubungan dengan perkembangan genital atau alat kelamin.

Salah satu mutasi berhubungan dengan pembentukan struktur mirip rambut atau cilia pada sel embrionik. Abnormalitas pada sel cillia tersebut berhubungan juga dengan beberapa abnormalitas bawaan, termasuk situs inversus atau kondisi organ yang tumbuh tidak pada posisi normal.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)