Selasa, 13 Apr 2021 18:46 WIB

Anak Oki Setiana Idap Prader Willi Syndrome, Begini Dokter Mendeteksinya

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Oki Setiana Dewi Oki Setiana Dewi dan anaknya. (Foto: Instagram @okisetianadewi)
Jakarta -

Oki Setiana Dewi menyampaikan bahwa putra bungsunya, Sulaiman Ali Abdullah didiagnosis mengidap prader willi syndrome (PWS). Hal ini disampaikan melalui akun Instagram miliknya.

"Hari ini bertemu tim dokter yang akan menangani @sulaimanaliabdullah ke depannya. Hari ini airmata saya kembali menetes. Bukan karena Sulaiman dinyatakan mengidap prader wili syndrome, melainkan karena terharu karena kebaikan Allah yang luar biasa," tulis Oki, dikutip dari Instagram, Senin (12/4/2021).

Sulaiman yang lahir pada 16 November 2020 dengan proses operasi caesar dinyatakan mengidap PWS lima bulan setelah kelahirannya.

Dikutip dari Web MD, prader willi syndrome (PWS) dapat menyebabkan masalah fisik, seperti rasa lapar yang ekstrem, otot melemah, dan masalah pada proses belajar serta perilaku.

Kondisi ini sangat langka, hanya 1 dari 10.000 hingga 30.000 orang di dunia mengalami kondisi ini. Sekitar 70 persen disebabkan karena perubahan genetik dari salinan kromosom 15 yang diwarisi ayah.

Anak dengan kondisi PWS memiliki gejala yang khas seperti memiliki refleks untuk menghisap dan tonus otot yang buruk atau hipotonia.

Kondisi ini bisa dideteksi sejak dalam kandungan. Menurut sebuah studi, analisis gerakan wajah sebagai respons terhadap rangsangan cahaya dan suara selama USG dapat membantu mendiagnosis kondisi ini sebelum bayi lahir.

"Sangat penting menemukan fitur spesifik untuk mengingatkan dokter tentang perlunya pengujian genetik tambahan," tulis para peneliti, dilansir laman Prader-Willi Syndrome News.

"Tidak hanya mengenali perkembangan janin yang berbeda untuk diagnosis dan intervensi dini, ini juga dapat membantu orang tua untuk mempersiapkan diri dan menerima kondisi anaknya karena telah dilaporkan dapat mengakibatkan peningkatan stres," sambung mereka.

Bagaimana kondisi ini bisa dideteksi saat dalam kandungan? Simak penjelasan dokter lebih lengkap di halaman selanjutnya.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Mengenal Sindrom Prader-Willi yang Disebabkan Kelainan Genetik"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)