Rabu, 14 Apr 2021 19:00 WIB

Viral Kisah Suami Idap Gonore, Ini Risiko Jika Sang Istri Tak Tahu

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral dokter menceritakan kondisi pasien saat mengidap gonore. Viral kisah suami mengidap gonore. (Foto: Tangkapan layar viral TikTok)
Jakarta -

Kisah seorang pria yang mengidap gonore atau kencing nanah dan tak ingin diketahui istrinya karena takut ketahuan selingkuh, viral di media sosial. Kisah ini dibagikan oleh seorang dokter bernama dr Indah Permata lewat unggahan video di akun TikTok miliknya, @drindahpermata0402.

Risiko apa saja yang terjadi jika istrinya tidak diberitahu?

Menurut dr Indah, yang juga merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin, kemungkinan sang istri dari pasien tersebut juga sudah tertular gonore.

"Pasien pria datang berobat dengan keluhan kencing bernan*ah. Setelah dianamnesis, kemungkinan istri sahnya tertular. Saya sarankan untuk membawa istrinya berobat, supaya bisa diatasi," kata dr Indah dalam unggahannya.

Dikutip dari Mayo Clinic, gonore merupakan penyakit infeksi menular seksual. Artinya, penyakit ini biasa ditularkan melalui hubungan seks, baik secara seks anal maupun seks oral.

Meski gonore dapat disembuhkan, tetapi sepasang suami-istri tersebut harus diobati dua-duanya. Pasalnya, jika hanya salah satunya yang diobati, gonore bisa kembali menular dan berisiko bertambah parah.

"Kuman Neisseria gonorrhoeae (bakteri penyebab Gonore) merupakan kuman yang 'cerdas' bisa mengubah dinding sel, sehingga menyebabkan resistensi antibiotik," jelas dr Indah.

"Semakin sering terinfeksi, semakin sulit untuk mencari antibiotik yang efektif karena obat sebelumnya yang sudah diberikan kemungkinan tidak efektif lagi," bebernya.

Selain itu jika terus dibiarkan, gonore juga bisa memicu komplikasi, sebagai berikut.

1. Pada pria

Gonore dapat menyebabkan epididimitis atau peradangan pada saluran sperma. Apabila tidak segera diobati, ini bisa memicu kemandulan.

2. Pada wanita

Gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul dan sumbatan pada saluran telur. Apabila tidak segera diobati, kondisi juga dapat memicu kemandulan.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)