Jumat, 16 Apr 2021 04:00 WIB

Simak, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Selama 30 Hari Berpuasa

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ornamental Arabic lantern with burning candle glowing at night. Festive greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem.n Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph
Jakarta -

Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama 30 hari. Seperti sudah diketahui, puasa memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sejumlah proses detoksifikasi atau 'pembersihan' tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya lainnya pun terjadi saat kita berpuasa.

Dikutip dari Ilmfeed, berikut berbagai hal yang terjadi pada tubuh selama 30 hari berpuasa.

Hari ke-1 sampai ke-2

Pada hari pertama puasa, kadar gula darah akan menurun. Kemudian detak jantung melambat dan tekanan darah berkurang. Hal ini dapat memicu sakit kepala, pusing, mual, dan bau mulut.

Hari ke-3 sampai ke-7

Pada hari ketiga, lemak di dalam tubuh mulai dipecah untuk melepaskan gliserol dari molekul gliserida, yang kemudian diubah menjadi glukosa. Akibatnya, kulit tubuh akan terasa lebih berminyak dan bisa tumbuh jerawat.

Meski begitu, pada tahap ini sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh mulai mengalami peningkatan. Sistem pencernaan yang sebelumnya bermasalah kini mulai membaik.

Hari ke-8 sampai ke-15

Pada tahap ini, puasa mulai terasa lebih berenergi. Pikiran juga menjadi lebih jernih.

Apabila kamu meninggalkan kebiasaan makan junk food selama puasa, maka kemampuan penyembuhan alami dari tubuh mulai terjadi. Misalnya, zat yang mengiritasi saraf yang sebelumnya pernah terjadi karena cedera bisa pulih.

Hari ke-16 sampai ke-30

Terakhir, tubuhmu akan memiliki lebih banyak energi pada tahap ini. Kemudian organ tubuh pun mulai membaik, sehingga lidah mulai berwarna pink dan napas menjadi segar.

Kemudian setelah hari ke-20, pikiran kita akan menjadi lebih jernih dan emosi mulai stabil, sehingga daya ingat dan konsentrasi pun meningkat.



Simak Video "Kupas Mitos Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)