Jumat, 16 Apr 2021 03:00 WIB

Catat! 5 Menu Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
5 Alasan Pentingnya Sahur dalam Islam, Tak Sekadar Mengisi Perut! Sederet menu sahur yang bisa bikin kenyang lebih lama. (Foto: Getty Images/iStockphoto/mustafagull)
Jakarta -

Perut sudah terasa lapar padahal waktu buka puasa masih lama? Mungkin ada yang salah dengan menu sahurmu.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK dari RS Pondok Indah, pilihan menu sahur yang tepat dapat membuatmu tetap beraktivitas secara optimal sembari berpuasa.

"Tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi menu sahur. 30-40 persen dari kebutuhan energi harian sudah cukup," ujarnya dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (12/4/2021).

Sementara dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, menyarankan sebaiknya hindari makanan atau minuman yang terlalu manis saat sahur. Pasalnya ini bisa membuatmu menjadi cepat lapar.

"Karena apa-apa yang terlalu manis itu kadar gulanya jadi cepat naik dan biasanya kita akan merasa cepat lapar nantinya. Jadi tetap protein dan seratnya harus cukup," kata dr Titi beberapa waktu lalu.

detikcom merangkum sejumlah menu pilihan yang diyakini dapat membuat perutmu kenyang lebih lama, sehingga kamu dapat beraktivitas secara optimal selama berpuasa.

1. Nasi Merah

Meski teksturnya lebih padat daripada nasi putih, tetapi nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, nasi merah bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

2. Telur

Memiliki kandungan protein yang tinggi, telur bisa menjadi pilihan lauk yang cocok untuk dimakan saat sahur. Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memecah protein.

3. Ikan

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi ikan. Selain dapat menjaga stamina selama berpuasa, ikan juga dapat membuat rasa kenyang bertahan lama.

4. Sayuran hijau

Kemudian agar nutrisi yang didapat bisa lebih lengkap, kamu wajib menambahkan sayuran hijau dalam menu sahurmu. Pasalnya, selain mengandung antioksidan yang baik dalam tubuh, sayuran hijau juga kaya akan serat.

5. Pisang dan apel

Rasanya akan terasa kurang lengkap jika menu sahurmu tidak ada buah-buahan. Kamu bisa mencoba menambahkan pisang atau apel untuk dimakan saat sahur.

Kandungan serat dan vitamin yang tinggi pada pisang dan apel dipercaya dapat membuatmu menjadi kenyang lebih lama.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)