Jumat, 16 Apr 2021 16:30 WIB

4 Alasan Harus Berbuka Puasa dengan Kurma

Yuviniar Ekawati - detikHealth
close up image . Foto: Getty Images/iStockphoto/hayatikayhan
Jakarta -

Saat Ramadhan banyak orang memilih untuk berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma. Selain dikenal sebagai sunnah dalam Islam, ternyata kurma memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh.

Dikutip dari Health, dalam tiga kurma terkandung sekitar 200 kalori, 54 gram karbohidrat dengan sekitar 5 gram sebagai serat, satu gram protein, dan tanpa lemak. Tidak heran mengapa kurma dianggap sebagai makanan yang cocok untuk berbuka puasa dikarenakan kurma kaya akan nutrisi.

Selain itu, saat memakan tiga kurma, tubuh akan mendapatkan berbagai macam nutrisi lainnya seperti vitamin B, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan mangan.

Disampaikan Cynthia Sass, MPH, RD, ahli gizi di New York, kandungan di atas membuat kurma bukan sekadar bom gula atau kalori kosong.

Selain mengandung vitamin, protein, karbohidrat, dan mineral, berikut ini kandungan dalam kurma yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, dikutip dari Medical News Today.

1. Tinggi polifenol

Polifenol diketahui sebagai senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan. Kandungan polifenol dalam kurma ternyata lebih banyak dari kebanyakan buah dan sayuran lainnya.

2. Tinggi serat

Hanya dengan mengonsumsi ΒΌ dari secangkir kurma, ia dapat menyediakan 12 persen dari kebutuhan serat harian seseorang. Mengonsumsi serat dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu seseorang tidak makan dengan porsi yang besar.

Baca juga:

3. Tinggi Kalium

Kurma mengandung kalium yang tinggi. Kalium merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung yang baik. Kalium juga dapat membantu membangun otot dan protein dalam tubuh.

4. Alternatif pengganti gula

Kurma dapat memuaskan kebutuhan mengonsumsi makanan manis seperti permen, yang secara umum merupakan makanan yang mengandung sangat sedikit nutrisi.

Selain itu, kurma juga dapat menjadi sumber gula yang alami dan dapat menjadi pengganti gula rafinasi.

Saat memilih kurma sebagai pengganti permen maupun gula, tubuh akan mendapatkan nutrisi penting, seperti vitamin B-6 dan zat besi.



Simak Video "Amankah Penderita Diabetes Buka Puasa dengan Kurma?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)