Jumat, 16 Apr 2021 19:07 WIB

Viral Alasan Apoteker Soal Lama Siapkan Obat, Sulit Baca Tulisan Dokter?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral curhat apoteker tentang para pasien yang suka mengomel saat menunggu obat. Foto: Tangkapan Layar TikTok
Jakarta -

Curhat seorang apoteker asal Surabaya tentang alasan mengapa butuh waktu yang tak sebentar dalam menyiapkan obat viral di media sosial. Dijelaskan, meracik obat itu tidak bisa sembarangan dan ada urutannya, karena jika salah nanti bisa berbahaya bagi pasien.

Misalnya, resep obat yang diberikan oleh dokter harus dikonfirmasi terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan peracikan. Terkadang membaca tulisan resep dokter pun menjadi kendala tersendiri bagi para apoteker.

"Ngaruh banget jangan sampai salah baca. Kadang aku pun nggak bisa baca lho," ucap Agnestasia Widia, apoteker pemilik akun TikTok @apt.agnes yang videonya viral, Kamis (15/4/2021).

"Nama obat juga macam-macam, contohnya, cefalosporin dan cefixime. Kalau dokternya cuma tulis 'Cef' selanjutnya corat-coret kita nggak boleh mengira-ngira kalau pas nggak bisa baca. Mau nggak mau harus konfirmasi ke dokternya langsung. Tanya dokternya," lanjutnya.

Oleh karena itu, wajar jika butuh waktu bagi apoteker dalam mempersiapkan obat. Setiap resep yang diberikan dokter harus diperhatikan dengan baik dan tidak boleh salah.

"Resep masuk harus dicek dulu dosis betul nggak? karena namanya dokter juga manusia ya kadang nulis dobel atau takutnya pasien punya hal-hal seperti alergi atau tidak bisa minum obat tertentu tapi nggak disampaikan dokter. Belum lagi harus mencerna tulisan dokter itu butuh proses," jelasnya.

Agnes pun berpesan pagi pasien yang sedang mengantre obat untuk lebih bersabar. Apabila sedang buru-buru, maka obat bisa diantar dengan ojek online.

"Kalau memang mau menunggu ya paling pasien bisa bekerja sama dengan tidak memburu-buru, karena satu kesalahan bisa berakibat fatal," tutur Agnes.



Simak Video "Ikatan Apoteker Dorong Pemerintah Tak Lagi Impor Bahan Baku Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)