Rabu, 21 Apr 2021 14:30 WIB

Bullying Bikin Devano Danendra Kena Anxiety, Kenali 7 Jenis Gangguan Tersebut

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Penyanyi Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Penyanyi Devano Danendra, putra bungsu Iis Dahlia mengaku kerap merasa cemas berlebihan lantaran sering dibully. Rasa cemas muncul di aktivitas sehari-harinya terutama saat berada di keramaian.

"Kayak jadi cemas dan takut berlebihan setiap saat dan ganggu aktivitas setiap hari. Mau nyanyi terganggu, kita mau ketemu orang banyak terganggu. Aku pernah ngerasain pada saat itu aku takut," jelas Devano, dikutip dari InsertLive.

"Setiap aku ke mal aja aku pusing ketemu banyak orang. Terus ngerasa orang ngomongin aku yang nggak-nggak gitu, padahal sebenarnya nggak," imbuhnya.

Dikutip dari Healthline, gangguan kecemasan atau anxiety adalah respons alami tubuh saat stres. Namun, jika gangguan kecemasan sudah cukup ekstrem tentu akan mengganggu keseharian.

Ada beragam jenis anxiety yang perlu diketahui. Berikut 7 di antaranya.

1. Panic disorder

Ada saatnya orang yang mengalami gangguan kecemasan terkena panic attack berulang kali dalam waktu yang tak terduga. Seseorang yang terkena panic attack sangat mungkin untuk mengalami serangan ini berikutnya.

2. Post-traumatic stress disorder

Gangguan kecemasan poss traumatic seputar kesehatan. Gangguan kecemasan ini juga sebelumnya disebut hipokondria. Pasien yang mengalami kondisi ini percaya memiliki penyakit serius yang mengancam jawa padahal saat diperiksa, gejala ringan atau tidak ada sama sekali.

3. Phobia

Fobia juga termasuk gangguan cemas. Muncul rasa ketakutan tertentu pada suatu objek, situasi, atau bahkan aktivitas tertentu.

4. Social anxiety disorder

Gangguan cemas ini memicu seseorang merasa takut berlebihan menghadapi aktivitas sosial. Merasa takut dihakimi hingga takut dibully.

5. Obsessive-compulsive disorder

Muncul pikiran irasional berulang yang mengarahkankamu untuk melakukan perilaku berulang yang spesifik.

6. Separation anxiety disorder

Rasa cemas saat merasa jauh dari rumah atau orang-orang terdekat yang dicintai.

7. Gangguan cemas pasca trauma

Gangguan stres pasca-trauma (PTSD), umumnya kecemasan muncul setelah seseornag mengalami peristiwa traumatis.

Gejala umum gangguan kecemasan

Adapun gejala kecamasan yang muncul dan bisa dilihat dari kondisi fisik seperti peningkatan detak jantung, ritme bernapas lebih cepat, kerap gelisah, sulit berkonsentrasi hingga sulit tidur.

Ada beberapa cara mengatasinya sebelum memerlukan penanganan medis. Salah satu hal yang paling penting adalah perubahan gaya hidup.

Cara mengatasi anxiety

Perubahan lifestyle sehari-hari bisa mengurangi rasa stres dan mengatur gangguan kecemasan, salah satunya tidur yang cukup. Apalagi yang perlu diperhatikan?

  • Bermeditasi
  • Tetap aktif dan berolahraga
  • Makan makanan yang sehat
  • Tetap aktif dan berolahraga
  • Menghindari alkohol
  • Menghindari kafein
  • Berhenti merokok



Simak Video "Cara Afgan Mengatasi Anxiety Disorder"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)