Rabu, 21 Apr 2021 19:18 WIB

Jarang Disadari, Diabetes Bisa Membunuh Diam-diam

Inkana Putri - detikHealth
diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis paling mematikan di dunia. Diabetes terjadi saat organ pankreas tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup. Hal ini juga dapat terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Hormon insulin merupakan hormon yang berperan dalam pengaturan kadar gula darah. Oleh karena itu, adanya gangguan pada produksi dan kerja hormon insulin dapat mempengaruhi keseimbangan kadar gula darah sehingga menjadi tinggi.

Tingginya kadar gula darah yang tidak terkontrol pada diabetesi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan berbahaya. Bahkan, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa diabetes merupakan salah satu penyebab utama dari kasus kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, serta amputasi tubuh bagian bawah.

Pasalnya, semakin tinggi kadar gula darah diabetes maka semakin tinggi pula ancaman risiko penyakit jantung. Diabetesi memiliki risiko penyakit jantung hingga 2,6 kali lebih tinggi, International Diabetes Federation (IDF) juga melaporkan diabetesi memiliki risiko penyakit ginjal tahap akhir sampai 10 kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang sehat.

Melihat hal ini, tak heran jika diabetes masuk ke dalam 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Pada tahun 2019, IDF melaporkan 4,2 juta kasus kematian pada usia 20-79 tahun di dunia berkaitan dengan diabetes dan komplikasinya. Ini artinya setiap 8 detik ada 1 kasus kematian di dunia akibat diabetes dan komplikasinya.

Sementara itu di Indonesia, data menunjukkan bahwa jumlah diabetesi meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data hasil Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2018, tercatat angka prevalensi diabetesi di Indonesia berdasarkan pemeriksaan darah mencapai 8.5%, yang berarti sekitar 1 dari 12 orang Indonesia menderita diabetes.

Di samping itu, hampir 75% dari kasus diabetes yang terjadi tidak terdiagnosis. Ini artinya, sekitar 3 dari 4 diabetesi di Indonesia tidak menyadari dirinya terkena diabetes. Diabetes memang sering kali muncul tanpa gejala, bahkan beberapa orang tidak menyadarinya sampai muncul komplikasi kesehatan. Hal inilah yang membuat diabetes sering disebut sebagai pembunuh diam-diam.

Guna menghindari hal ini, sangat penting untuk menjalankan pola hidup sehat.. Bagi diabetesi, menjalankan pola hidup sehat dapat mengontrol kadar gula darah dan menekan risiko komplikasi. Pola hidup sehat dapat dimulai dengan memperbanyak asupan makanan sehat seperti buah dan sayur, mengurangi makanan tinggi lemak seperti gorengan, serta membatasi asupan gula harian.

Bagi Anda yang tak bisa jauh dari makanan manis, cobalah untuk ganti gula dengan pemanis rendah kalori Tropicana Slim Sweetener Lemongrass Pandan. Punya rasa manis yang sama seperti gula, Tropicana Slim Sweetener Lemongrass Pandan mengandung kalori jauh lebih rendah dibanding gula pasir. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati rasa manis lebih sehat tanpa perlu khawatir melebihi asupan gula harian.



Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)