Kamis, 22 Apr 2021 05:10 WIB

4 Cara Biar Asam Lambung Tak Naik Saat Puasa

Yuniviar Ekawati - detikHealth
5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock
Jakarta -

Pada bulan Ramadhan ini, umat muslim di dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Ibadah ini memiliki berbagai manfaat bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan, puasa juga dapat meningkatkan sisi spiritual bagi yang melaksanakannya.

Agar dapat melaksanakan ibadah puasa dengan khusyuk atau sepenuh hati, diperlukan persiapan untuk melaksanakannya, salah satunya berkaitan dengan kondisi tubuh.

Terlebih lagi, saat berpuasa, seseorang tidak makan dan minum lebih dari 12 jam. Bagi seseorang yang memiliki penyakit asam lambung atau Gastroesophageal reflux disease (GERD), berikut ini adalah 4 cara atasi asam lambung agar tidak naik saat puasa, dikutip dari Healthline.

1. Jangan makan berlebihan

Pada penderita asam lambung atau refluks asam, otot sfingter esofagus bagian bawah melemah atau disfungsional. Sehingga isi asam lambung naik ke kerongkongan.

Refluks asam juga dapat terjadi bila ada terlalu banyak tekanan pada otot, menyebabkan asam masuk melalui lubangnya.

Makan berlebih diketahui dapat memperburuk gejala itu. Sehingga, salah satu cara meminimalkan terjadinya kondisi tersebut adalah dengan menghindari makan dengan porsi yang besar baik saat berbuka puasa maupun sahur.

2. Tidur setelah sahur

Untuk menghindari naiknya asam lambung, hindari langsung tidur setelah makan. Umumnya, orang dengan kondisi asam lambung yang sering naik disarankan untuk menghindari makan dalam tiga jam sebelum tidur.

Sehingga, saat setelah melaksanakan sahur, penderita asam lambung harus menghindari untuk tidur agar kondisi asam lambung tidak naik.

3. Jangan minum kopi terlalu banyak

Studi menunjukkan bahwa kopi dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah dan dapat meningkatkan risiko asam lambung.

Beberapa bukti menunjukkan kafein sebagai kemungkinan penyebabnya. Sehingga, untuk menghindari naiknya asam lambung karena minum kopi, pilihlah kopi tanpa kafein.

4. Ikuti diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat dapat meredakan gejala naiknya asam lambung. Peneliti melihat bahwa karbohidrat yang tidak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan peningkatan tekanan di dalam perut.

Studi menunjukkan bahwa pertumbuhan bakteri yang berlebihan disebabkan oleh gangguan pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Saat pencernaan memiliki banyak karbohidrat yang sulit dicerna, sistem pencernaan akan mengeluarkan gas dan membuat tubuh menjadi kembung.



Simak Video "Kupas Mitos Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)