Kamis, 22 Apr 2021 10:42 WIB

Studi Ini Ungkap Cara yang Benar Gunakan Masker Dobel

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Couple of used face masks hanging on the wall. People tend to wear same protective mask more than once. Covid-19 concept. Tips pakai masker dobel berdasarkan studi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RobertPetrovic)
Jakarta -

Sebagian orang masih memilih menggunakan masker dobel atau rangkap untuk mencegah penularan virus Corona. Tapi, tahu nggak sih cara pakai yang tepat agar bisa meningkatkan perlindungan dari virus?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Jama Internal Medicine mengungkapkan, penggunaan masker dobel bukan hanya menambah lapisannya saja. Tetapi, itu juga menghilangkan celah-celah terbuka atau area masker yang memang kurang pas.

"Kami telah menemukan bahwa memakai dua masker yang longgar tidak akan memberikan perlindungan yang pas," kata penulis utama studi, Emily Sickbert-Bennett yang dikutip dari CNN, Kamis (22/4/2021).

Biasanya masker dobel itu menggunakan masker berbahan kain dan masker medis sekali pakai. Umumnya, masker medis ini dilengkapi kawat hidung yang bisa membuat masker lebih pas di wajah.

Untuk membuat masker medis lebih pas, tali masker di bagian telinga bisa diikat simpul dan selipkan bahan yang tidak diperlukan di tepinya. Sementara untuk masker kain, disarankan untuk memilih masker yang terdiri dari dua atau tiga lapis kain.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah masker dobel sudah terpasang dengan benar atau belum, yaitu:

1. Tempelkan tangan ke sekitar area pipi yang berdekatan dengan telinga atau yang tidak tertutupi masker.

2. Tarik dan hembuskan napas. Ini untuk memastikan tidak ada udara yang mengalir dari area tersebut.

3. Periksa juga pada area dekat mata. Pastikan tidak ada aliran udara di area mata.

4. Jika masker sudah terpasang dengan benar dan pas, si pemakainya bisa merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker. Pada kondisi ini, umumnya masker akan terlihat kembang kempis.



Simak Video "Yuk Sama-sama Pakai Masker Dobel, Risiko Penularan Turun Sampai 95%!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)