Minggu, 25 Apr 2021 16:18 WIB

Duka untuk KRI Nanggala 402, Bagaimana Cara Tepat Mengungkapkannya?

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa sedihnya atas musibah yang dialami kapal selam KRI Nanggala 402. Rasa duka juga dialami banyak orang yang memantau perkembangan beritanya.

Bersama 53 awaknya, KRI Nanggala 402 telah dinyatakan subsunk atau tenggelam pada Sabtu (24/4/2021). Status ini meningkat dari sebelumnya submiss atau hilang kontak.

"Kita semua bangsa Indonesia menyampaikan kesedihan yang mendalam atas musibah ini, khususnya kepada seluruh keluarga awak kapal selam. Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara," kata Jokowi.

Meski demikian, nasib para awak KRI Nanggala 402 hingga saat ini belum dapat dipastikan. Jokowi menjamin segala upaya terbaik akan terus dilakukan untuk mencari kapal yang tenggelam tersebut.

Situasi seperti ini, di sisi lain menghadirkan dilema. Banyak yang ingin mengungkapkan rasa sedihnya dan turut berempati, tetapi tidak ingin mendahului hal-hal yang belum terkonfirmasi. Bagaimana seharusnya menyampaikan bela sungkawa dalam situasi seperti ini?

Dikutip dari WebMD, tidak ada aturan baku soal ungkapan belasungkawa di dunia maya. Namun bukan berarti bisa semaunya, sebab ungkapan yang tidak tepat bisa saja malah menyinggung perasaan orang yang sedang berduka.

Berikut ini adalah 3 tips untuk mengucapkan belasungkawa yang dapat dikatakan seseorang untuk memberikan dukungan pada orang yang sedang berduka, dikutip dari WebMD.

1. Jaga agar tetap sederhana

"Anda dapat berkata, misalnya, 'Saya sangat menyesal ini terjadi pada Anda. Pasti sangat sulit. Jika Anda perlu bicara, saya di sini," kata Jocelyn DeGroot seorang professor komunikasi di Southern Illinois University Edwardsville.

2. Memberikan waktu berduka

"Ketika orang mencoba menawarkan satu kebijaksanaan, seperti mereka ingin menjadi orang yang menyelamatkan hari, itu adalah hal yang salah untuk dilakukan. Anda tidak akan membuat orang merasa lebih baik. Anda harus membiarkan mereka merasa sedih, "Kata DeGroot.

3. Jangan bersembunyi

"Jika Anda hanya berteman di Facebook dengan orang yang berduka, jangan ragu untuk meninggalkan pesan singkat. Jika Anda tidak memiliki cara lain untuk menghubungi, pesan belasungkawa di media sosial mungkin cukup. Senang mengetahui bahwa orang-orang begitu memikirkanmu, "kata DeGroot.

(up/up)