Minggu, 25 Apr 2021 18:54 WIB

5 Tips Agar Gampang Bangun Sahur Tanpa Harus Diteriakin Pakai Toa

Vidya Pinandhita - detikHealth
Young teenage girl in bed late at night using her smartphone. Cant sleep or addicted to mobile or social media. Foto: Getty Images/iStockphoto/patat
Jakarta -

Kritik Zaskia Adya Mecca soal toa masjid yang dipakai untuk membangunkan sahur rupanya menuai pro dan kontra di media sosial. Menurutnya, membangunkan warga untuk sahur dengan berteriak di toa masjid bukanlah langkah etis.

Buat orang-orang yang termasuk tipe morning person, bangun pagi termasuk untuk sahur mungkin bukan hal sulit dilakukan. Namun rupanya, tidak semua orang bisa segampang itu terbangun di pagi hari.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan. Ada beberapa langkah yang boleh dicoba agar bangun pagi bisa lepas dari drama.

1. Jauhkan handphone dari tempat tidur

Tak heran, banyak orang tidur berdekatan dengan handphone lantaran scrolling medsos dulu sebelum tidur. Bahkan, tak sedikit yang ketiduran dalam keadaan handphone masih dalam genggaman.

Hati-hati! Kebiasaan ini rupanya bisa bikin sulit bangun pagi. Gara-gara handphone ada dekat tempat tidur, Anda mungkin refleks menekan 'snooze' ketika alarm handphone berbunyi, bahkan berulang kali sampai Anda bangun-tidur berkali-kali.

Dikutip dari Healthline, kebiasaan ini bisa bikin pusing, menurunkan kinerja, serta membuat tubuh lemas.

2. Usahakan jadwal tidur teratur

Jadwal beraktivitas di bulan puasa tentu berbeda dengan hari biasa, begitu juga ritme tubuh yang otomatis akan menyesuaikan. Kadang-kadang, pola tidur lupa disesuaikan sehingga siklus hormonalnya sulit beradaptasi.

Paling simpel, geser saja waktu tidur agar kebutuhan 6-8 jam tidur dalam sehari tetap terpenuhi. Jika biasanya baru tidur jam 23.00 malam, majukan ke jam 22.00 atau 21.00 agar tidak ada masalah ketika harus bangun lebih awal.

3. Hindari kafein sebelum tidur

Sama seperti ponsel, kafein bisa mengacaukan sinyal mengantuk sehingga susah untuk tidur lebih awal. Dianjurkan tidak mengonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein seperti softdrink, kurang lebih 6 jam sebelum waktunya tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2