Selasa, 27 Apr 2021 20:04 WIB

Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Awas, Bisa Jadi Itu Gejala Diabetes

Ardela Nabila - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Buang air kecil di malam hari (Foto: istock)
Jakarta -

Sebelum tidur di malam hari, kamu mungkin akan terlebih dahulu pergi ke toilet untuk buang air kecil atau kencing agar tidur lebih nyenyak dan terhindar dari rasa ingin ke toilet di tengah malam.

Namun, apabila kamu telah rutin atau bahkan terlalu sering buang air kecil sebelum tidur, kemudian sering terbangun di malam hari karena merasa ingin buang air kecil, maka sebaiknya harus waspada. Pasalnya, itu bisa saja merupakan salah satu tanda diabetes, lho.

Hal tersebut disampaikan oleh dr Suharko Soebardi, SpD-KEMD dalam acara webinar JEC Eye Talks dengan tema Pengaruh Puasa Ramadhan pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes pada Selasa (27/4/2021).

"Yang lebih penting sebenarnya adalah kencing di malam hari. Jadi kalau orang tuh tidur kan, kalau pengen nyenyak, tentunya ya kencing dulu, dihabiskan dulu supaya nanti jangan di tengah-tengah (tidur) terbangun untuk kencing ya," kata dr Suharko.

Menurutnya, waspadai tanda-tanda diabetes yang satu ini sangat penting. Sebab, banyak orang yang sering tidak menyadari bahwa dirinya mengidap diabetes. Jadi jika kamu sering buang air kecil di malam hari, alangkah baiknya mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Jadi kalau sudah dikosongkan sebelum tidur, nanti masih terbangun karena kencing, nah itu lah yang harus dicurigai (diabetes). Dicurigai ya, bukan dipastikan. Karena harus dilakukan pemeriksaan laboratorium," imbuhnya.



Simak Video "Indonesia Masuk Tiga Besar Negara dengan Angka Prediabetes Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)