Selasa, 27 Apr 2021 21:21 WIB

Ini Akibatnya Jika Miss V Tak Dikeringkan Sehabis Buang Air Kecil

Vidya Pinandhita - detikHealth
Toilet Foto: (iStock)
Jakarta -

Terdengar sepele, tapi ada baiknya selalu diingatkan untuk selalu mengeringkan area Miss V sehabis buang air kecil. Kelembaban di area intim bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

"Setelah buang air kecil atau membuang air besar, bersihkan vagina dengan baik dan dikeringkan dengan lap kering," pesan dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Maria Ratna Andijani, SpOG, Selasa (27/4/2021).

"Kalau lembab, itu juga menyebabkan tumbuhnya kuman-kuman di vagina menjadi berlebihan," jelasnya.

Menurut dr Maria, vagina memiliki mikroorganisme jahat dan baik. Kebiasaan malas membersihkan area di sekitarnya bisa memicu pertumbuhan bakteri jahat dan mengganggu keseimbangan mikrobiologis.

Tidak kalah penting, urusan ganti celana dalam juga harus diperhatikan. Jarang mengganti celana dalam akan memicu kelembaban dan membuat pertumbuhan bakteri jahat tidak terkontrol.

"Dari pagi sampai malam baru ganti celana dalam, itu akan menumbuhkan banyak kuman jahat. Jadi diajarin kembali menjaga kebersihan vaginanya," imbuhnya.

Pastikan juga untuk mengganti celana dalam dengan milik pribadi. Mikroorganisme tiap individu berbeda-beda, saling menularkan bisa mengganggu keseimbangan.

"Jangan pinjam-pinjaman baju dalam," tegas dr Maria.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
eLife
×
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19 Selengkapnya