Kamis, 29 Apr 2021 13:30 WIB

Pakar Analisis Golongan Darah yang Rentan Kena Corona di India, Ini Hasilnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
People perform rituals next to a funeral pyre for a family member who died of COVID-19 at a ground that has been converted into a crematorium for mass cremation of COVID-19 victims in New Delhi, India, Saturday, April 24, 2021. Delhi has been cremating so many bodies of coronavirus victims that authorities are getting requests to start cutting down trees in city parks, as a second record surge has brought Indias tattered healthcare system to its knees. (AP Photo/Altaf Qadri) COVID-19 di India. (Foto: AP/Altaf Qadri)
Jakarta -

Kasus COVID-19 di India semakin banyak memakan korban. Kurangnya pasokan oksigen medis, jumlah tempat tidur di RS yang menipis, hingga munculnya varian baru Corona B1617 disebut menjadi faktor yang memperburuk kondisi pandemi di negara tersebut.

Sebuah lembaga penelitian di India melakukan serosurvey yaitu tes serologi untuk memeriksa keberadaan antibodi. Ini dilakukan untuk mengetahui orang yang paling rentan terinfeksi virus Corona di negara tersebut.

Hasil penelitian

Lembaga penelitian Council of Scientific Industrial Research (CSIR) mengungkapkan bahwa orang dengan golongan darah B dan AB lebih rentan terhadap virus Corona. Menurut ahli CSIR, orang dengan golongan darah AB menduduki peringkat tertinggi dalam seropositif, diikuti oleh golongan darah B.

Selain itu, para ahli juga mengungkapkan bahwa orang dengan golongan darah O kurang rentan atau kebal terhadap virus COVID-19. Golongan darah O ini dikaitkan dengan tingkat kepositifan yang rendah dalam serosurvey tersebut.

Dikutip dari Wion News, survei ini dilakukan oleh tim peneliti yang terdiri dari 140 dokter di India. Sekitar 10.427 orang dewasa di negara tersebut secara sukarela menjadi subjek dari penelitian yang dilakukan CSIR ini.

Dalam penelitian tersebut, para ahli juga menyarankan orang-orang untuk mulai menerapkan pola makan vegetarian yang kaya akan serat. Hal ini mungkin bisa berperan penting dalam memberikan kekebalan terhadap virus Corona.



Simak Video "Tim Satgas Indonesia Soroti Lonjakan Kasus Corona di India"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)