Kamis, 29 Apr 2021 19:55 WIB

12 Tanda Awal Kehamilan yang Akurat Tapi Seringkali Orang Nggak Nyangka

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Female hands holding negative pregnancy test and showing it into camera, closeup Tanda-tanda kehamilan (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa orang mungkin bingung terhadap perubahan yang terjadi pada dirinya atau istrinya, terlebih jika kondisi tersebut sangatlah terjadi. Ternyata perubahan pada tubuh atau perilaku bisa menjadi petunjuk istri alami kehamilan, lho.

"Perempuan biasanya mengalami banyak tanda awal kehamilan, dengan gejala yang paling umum adalah kelelahan, nyeri payudara, mual dan kembung," kata Moss. Meskipun tidak semua akan memiliki gejala pada tingkatan yang sama di awal kehamilan.

Banyak juga orang yang mengalami gejala tersebut, tetapi belum tentu mengalami kehamilan.

Agar semakin kenal dengan tanda kehamilan awal, berikut ini tanda-tandanya, dikutip dari Live Science.

1. Tidak kunjung menstruasi

Tidak kunjung menstruasi seringkali menjadi petunjuk pertama kehamilan. Meski begitu beberapa orang mungkin tidak menstruasi karena kondisi lainnya.

Dikutip dari National Institutes of Health, olahraga berlebihan, naik atau turun terlalu banyak berat badan, stres, sakit atau menyusui dapat menjadi penyebab seseorang tidak mendapatkan menstruasi.

2. Kelelahan

"Kelelahan sangat umum terjadi selama trimester pertama kehamilan, serta selama beberapa bulan terakhir sebelum melahirkan. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron pada awal kehamilan," kata Moss.

3. Perut terlihat mengembang

"Pada minggu-minggu awal kehamilan, seorang perempuan mungkin belum 'terlihat', tetapi area perutnya mungkin terasa lebih lembut dan lebih berisi," kata Moss.

Meski janin di perutnya masih kecil tetapi penampilan perut yang terlihat mengembang itu disebabkan adanya peningkatan kadar hormon progesteron.

4. Pendarahan atau bercak darah

"Dua minggu setelah pembuahan, seorang perempuan hamil mungkin mengalami sedikit pendarahan vagina atau bercak ringan," kata Moss.

Darah yang keluar tersebut dapat berwarna merah muda hingga coklat, disertai kram ringan. Kondisi tersebut dapat disalahartikan dengan menstruasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]