Jumat, 30 Apr 2021 07:45 WIB

Cara Hadapi Nyinyiran Tetangga saat Dikira Pesugihan Gegara Nganggur di Rumah

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ibu Wati minta maaf terkait ucapannya soal kehebohan babi ngepet did Depok Foto: Ibu Wati minta maaf terkait ucapannya soal kehebohan babi ngepet did Depok (ist)
Jakarta -

Nama Wati, seorang ibu warga Depok, belakangan viral menjadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, dirinya sempat menuduh tetangganya hidup dari pesugihan babi ngepet lantaran tak pernah terlihat bekerja.

"Dari kemarin saya sudah pantau, Pak, orang ini. Ini dia berumah tangga dia nganggur tapi uangnya banyak. Saya sudah lewat rumahnya, udah saya lemparin sesuatu di depan rumah biar ketahuan," tutur bu Wati dalam potongan video viral.

Menghadapi nyinyiran tetangga yang tak benar adanya tentu kerap mengganggu. Bagaimana sih cara mengatasinya dengan bijak?

Menurut psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum, 'korban' sebaiknya tetap tenang meski kerap dituduh yang tidak-tidak. Sebisa mungkin menghindari serangan balik dengan melakukan tindakan serupa.

Hal ini menurut Rahma, bisa berbuntut panjang. Terlebih jika berlanjut ke jalur hukum, ada risiko saat melaporkan ke pihak yang berwajib, 'korban' bisa kembali dituntut lantaran melakukan hal serupa.

"Lebih baik, kumpulkan bukti dan lapor pada pihak-pihak yang dapat membantu misalnya ketua RT atau kantor polisi," kata Rahma.

"Jika posisi kita hanya mendengar atau melihat, sebaiknya tidak gegabah memberikan judgement. Kumpulkan data dan fakta berita tersebut agar dapat disikapi dengan tepat," pesannya.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)