Sabtu, 01 Mei 2021 08:45 WIB

Ingat Lagi! Ini Manfaat Mencuci Tangan bagi Kesehatan Tubuh

Angga Laraspati - detikHealth
cuci tangan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menjaga tangan tetap bersih menjadi salah satu langkah untuk menghindari beberapa penyakit dan penyebaran kuman. Belum lagi, tangan menjadi tempat utama bagi 2 hingga 10 juta kuman dan bakteri yang menempel di sana. Lalu bagaimana kuman menular dan membuat orang sakit?

Dilansir dari website CDC, kuman dapat menyebar lewat beberapa media mulai dari toilet, popok, hingga kotoran hewan. Selain itu kuman juga dapat mengenai tangan jika seseorang menyentuh benda yang mengandung kuman karena seseorang batuk, bersin atau disentuh oleh beberapa objek terkontaminasi lainnya.

Temuan soal dampak bakteri dan kuman cukup memprihatinkan pada anak-anak di seluruh dunia. Dari sebuah jurnal yang dibuat oleh Lau CH bersama koleganya menemukan sekitar 1,8 juta anak di bawah usia 5 tahun meninggal setiap tahun akibat penyakit diare dan pneumonia.

Oleh karena itu, mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau memakai hand sanitizer dinilai penting untuk mencegah penyakit yang merugikan tersebut. CDC membeberkan mencuci tangan dapat menghindari beberapa penyakit.

Adapun penyakit yang bisa dikurangi antara lain diare sebesar 23-40%, diare pada orang dengan imunitas yang lemah sebesar 58%, penyakit pernapasan 16-21%, hingga absensi karena penyakit gastrointestinal pada anak sebesar 29-57%.

Mencuci tangan juga dapat mencegah sekitar 30% penyakit yang berhubungan dengan diare dan sekitar 20% dari infeksi saluran pernapasan (misalnya, pilek). Di lain hal, mencuci tangan juga dapat mencegah orang terkena kuman yang sudah kebal terhadap antibiotik dan sulit diobati.

Sementara itu, mencuci tangan dengan sabun dapat melindungi 1 dari setiap 3 anak kecil yang sakit diare dan hampir 1 dari 5 anak dengan infeksi saluran pernafasan. Mencuci tangan dengan sabun juga dinilai efektif untuk menghilangkan kuman yang ada di tangan.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari mencuci tangan. Sejatinya kebersihan tubuh menjadi kunci penangkal penyakit. Langkah pencegahannya dengan menggunakan rangkaian produk personal hygiene yang sudah dipercaya dan juga terbukti mampu menghindari penyakit. Seperti SOS Personal Hygiene yang sudah teruji 99% efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Selain dapat membunuh kuman, produk dari SOS juga sudah terakreditasi halal untuk perlindungan yang menyeluruh bagi keluarga. SOS Personal Hygiene juga punya sederet produk unggulan untuk menjaga keluarga dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Seperti SOS Hand Sanitizer dengan total Alcohol 73% (Ethyl Alcohol 55%, Isopropyl Alcohol 18%) yang terbukti 99% efektif membunuh Kuman & Bakteri termasuk Virus H5N1. Lalu, SOS Hand Wash sabun cair pencuci tangan kesehatan dengan formula Anti Bacterial dan mengandung Triclosan serta Vitamin E yang wangi dan lembut di tangan.

SOS juga memiliki SOS Body Wash Anti Bacterial yang dilengkapi dengan Multi Protection melawan 99,9% bakteri dan kuman pada kulit yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. SOS Body Wash juga mengandung Formula Anti Bacterial IPMP dan Triclosan efektif serta Vitamin E.

Ada juga SOS Surgical Mask Protection yang dilengkapi dengan BFE (Bacterial Filtration Efficiency) >96% dan PFE (Particle Filtration Efficiency) efektif melindungi mulut & hidung dari bakteri, kuman, debu & polusi serta yang terutama SOS Surgical Mask Protection HALAL dan BFE & PFE telah diuji di laboratorium terakreditasi di USA. SOS Surgical Mask Protection tersedia dalam 2 macam tali yaitu hijab dan earloop dengan tali yang kuat dan nyaman.

Oleh karena itu, tak perlu ragu lagi untuk mempercayai SOS Personal Hygiene dalam menjaga keluarga dari bakteri dan kuman jahat yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

(ads/ads)