Jumat, 30 Apr 2021 19:41 WIB

Tes GeNose Gratis di Terminal Pekalongan, 3 Penumpang Kedapatan Positif

Robby Bernardi - detikHealth
Tes GeNose di terminal Pekalongan Tes GeNose di terminal Pekalongan (Foto: Robby Bernardi/detikHealth)
Pekalongan -

Penumpang bus yang turun di Terminal Kota Pekalongan, akan menjalani pemeriksaan GeNose gratis, jika tidak membawa surat keterangan sehat. Hal ini sebagai upaya dan antisipasi pencegahan dan penyebaran COVID-19.

Layanan tersebut disediakan gratis oleh pihak terminal Kota Pekalongan. Menurut Koordinator Terminal Tipe A Pekalongan, Budianto, GeNose tersebut di terima atas bantuan dari Kementerian Perhubungan RI sesuai instruksi adanya SE Satgas Nomor 13 Tahun 2021, larangan mudik Lebaran yang diperpanjang mulai 22 April-24 Mei 2021 mendatang. GeNose yang diterima sebanyak 300 buah. Pemeriksaan GeNose sendiri sudah dimulai sejak tanggal 19 April lalu.

"Ini gratis. Diperuntukkan bagi penumpang yang turun maupun kru bus secara acak. Setiap hari, ada 10 GeNose kita pakai," katanya, saat ditemui detik com, di Posko Pemeriksaan Terminal Tipe A Pekalongan, Jumat (30/05).

Dikatakan, hingga Jumat (30/04), sudah dilakukan test COVID-19 dengan GeNose sebanyak 116. Hasilnya, 3 dinyatakan positif COVID-19.

"Hasilnya, ada tiga yang berdasarkan GeNose ini positif. Mereka penumpang yang turun ke sini. Kita arahkan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dinas," jelasnya.

Menurut Budianto, pihaknya telah melakukan penanganan penumpang yang dibuatkan terpapar oleh GeNose, dengan berkoordinasi bersama Satgas Covid-19 Kota Pekalongan, guna dilakukan langkah selanjutnya.

Sementara itu, adanya larangan mudik ini, dalam pantauan detikcom di Terminal Kota Pekalongan, nampak lenggang. Jumlah penumpang juga mengalami penurunan hingga mencapai lebih dari 50 hingga 60 persen.

"Terhitung sejak tanggal 13 April lalu jumlah kedatangan dan keberangkatan armada bus maupun penumpang ini hanya sedikit tidak seperti tahun-tahun lalu sebelum adanya pandemi," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Syarat Tes GeNose Saat Sedang Berpuasa"
[Gambas:Video 20detik]