Senin, 03 Mei 2021 09:39 WIB

Viral Jemaah Masjid Dilarang Pakai Masker, Waspadai Munculnya Superspreader!

Firdaus Anwar - detikHealth
Majid usir warga di Bekasi Foto: 20detik
Jakarta -

Viral sebuah video yang menunjukkan seorang jemaah dilarang memakai masker di masjid di daerah Bekasi, Jawa Barat. Jemaah yang tampak memakai masker terlibat cekcok dengan pengurus masjid.

Kapolsek Medan Satria, Kompol Agus Rohmat, mengatakan peristiwa ini terjadi pada 27 April 2021 di Masjid Al Amanah Kelurahan Medan Satria, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat. Polisi sudah melakukan mediasi dengan pengurus Masjid.

Aturan memakai masker di dalam masjid sebetulnya tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 15 tahun 2020. Di dalamnya dijelaskan bagaimana seorang muslim harus tetap menerapkan protokol kesehatan di dalam masjid demi menghindari penularan COVID-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi beberapa waktu lalu sempat mengingatkan munculnya kluster penularan Corona dalam berbagai kegiatan di bulan Ramadhan. Dikhawatirkan adanya kejadian superspreader atau penularan pada banyak orang sekaligus.

Sebagai contoh ada 51 orang di Banyumas yang terinfeksi usai melaksanakan salat tarawih di masjid. Ada juga kluster dari kegiatan buka puasa bersama dan takziah.

"Demi keselamatan kita bersama, pemerintah sudah memberikan relaksasi untuk kita melakukan ibadah selama bulan Ramadhan ini, tetapi kita harus melakukan protokol kesehatan yang ketat," pesan dr Nadia.



Simak Video "Hasil Simulasi Superkomputer Jepang, Pakai Dua Masker Kurang Efektif"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)