Selasa, 04 Mei 2021 13:42 WIB

25 Kontak Erat dari Corona India Mutan Ganda Diperiksa, Bagaimana Hasilnya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background Foto: Getty Images/iStockphoto/PS3000
Jakarta -

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut kontak erat dengan sejumlah kasus Corona India mutan ganda cukup banyak. Apakah sudah ada penularan Corona India mutan ganda transmisi lokal?

"Sudah kita lakukan pelacakan kasus, kurang lebih ada 25 kasus kontak yang berhubungan dengan kasus positif B1617," jelas dr Nadia dalam keterangan pers Selasa (4/5/2021).

"Beberapa kasus kontak ini adalah WNA, tetapi kita belum dapat hasilnya jadi ditunggu saja prosesnya," kata dr Nadia.

Klaster keluarga

Sementara itu, ia menyebut warga negara Indonesia yang terinfeksi Corona B1617 adalah klaster keluarga. Meski begitu, seluruh anggota keluarga tersebut sudah dinyatakan negatif COVID-19.

"Ini adalah klaster keluarga di mana kita ketahui suami dan anak beliau positif tapi kondisinya sudah dinyatakan baik," kata dr Nadia.

Bagaimana dengan tracing varian Corona B1351 varian raja?

dr Nadia menjelaskan, kasus yang terinfeksi Corona B1351 merupakan pekerja wisata yang berhubungan dengan WNA. Kini, Kemenkes tengah mengumpulkan data untuk melakukan pelacakan kontak lebih lanjut dan sequencing.

Pasalnya, kasus yang dimaksud sudah meninggal dunia. Ada penularan Corona B1351 di lingkup keluarganya, tetapi disebut dr Nadia sudah dalam kondisi negatif COVID-19.

"Sayang sekali kasus Corona B1351 ini yang memang kita tahu paling cepat mempengaruhi tingkat keparahan penyakit, jadi memang yang bersangkutan ini mengalami gejala yang berat di ruang perawatan intensif," kata Nadia.

"Dan perlu kami sampaikan keluarga kasus B1351 ini memang ada yang positif tapi orang tapi tidak ada yang berakhir kematian," ungkapnya.



Simak Video "Jerman Kirim Alat Kesehatan untuk Hadapi 'Tsunami Corona' di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
eLife
×
Seks Anal dari Kacamata Medis
Seks Anal dari Kacamata Medis Selengkapnya