Rabu, 05 Mei 2021 05:23 WIB

Malaysia Darurat COVID-19, Varian Mutasi Ganda Asal India Jadi Penyebab?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas Malaysia melaporkan total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya telah melampaui 10 ribu kasus. Foto: AP/Vincent Thian
Jakarta -

Negeri Jiran tengah dilanda kenaikan kasus virus Corona yang cukup tinggi. Dilaporkan tingkat keterisian ruang perawatan intensif (ICU) untuk pasien Corona hampir penuh.

Jumlah kematian pasien COVID-19 di Malaysia juga jadi sorotan. Pasalnya data kematian COVID-19 di Malaysia yang dilaporkan dari 31 Maret hingga 30 April menunjukkan tren yang sangat mengkhawatirkan di antara populasi yang lebih muda.

Keadaan Malaysia darurat Corona ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Tan Sri Noor Hisham Abdullah.

"63 pasien ICU, dengan lebih dari 25 pasien kritis untuk diperiksa di bangsal umum dan unit gawat darurat dan lebih dari 20 kasus rujukan ke ICU setiap hari dalam satu minggu terakhir di Rumah Sakit Sungai Buloh," ujar Noor Hisham dalam postingan Facebook miliknya, Minggu (2/5/2021), dikutip dari The Star.

Varian mutan ganda di Malaysia

Malaysia telah mendeteksi kasus pertama dari varian virus Corona yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di India pada hari Minggu (2/5/2021), beberapa hari setelah memberlakukan larangan penerbangan dari India.

Menteri Kesehatan Adham Baba menyatakan varian tersebut terdeteksi pada warga negara India yang diperiksa di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Kasus pertama strain COVID-19 mutan ganda yang terdeteksi di Malaysia adalah seorang pekerja asing yang melakukan perjalanan ke Mumbai. Sejak itu pasien diisolasi dan sedang menjalani perawatan.

Varian Corona B1617 dikategorikan sebagai variant of interest oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Artinya ada indikasi varian memiliki mutasi yang memengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas.

Varian B1617 juga disebut-sebut jadi pemicu terjadinya lonjakan kasus besar-besaran di India, meski para ahli sepakat ada faktor lain yang menyebabkan 'tsunami COVID-19' di negara itu.



Simak Video "Relawan Pemakaman Malaysia Ketar-ketir Lihat Lonjakan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)