Rabu, 05 Mei 2021 06:30 WIB

Satgas COVID-19: Zona Merah Salat Id di Rumah, Zona Lain Begini Aturannya

Ardela Nabila - detikHealth
Ratusan jemaah mengikuti pelaksanaan salat Id di kawasan Masjid Agung Cianjur dan Taman Alun-alun, Jumat (31/7/2020). Dilaksanakannya kembali salad Id di Masjid Agung berdasarkan rapat Forkopimda mengingat saat ini Cianjur memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).Sementara itu, saat pelaksanaan salad Id Idul Fitri di Masjid Agung sempat ditiadakan. Momen salat id. (Foto: Ismet Selamet)
Jakarta -

Menjelang akhir bulan Ramadhan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengeluarkan aturan serta protokol kesehatan wajib untuk menggelar salat id. Hal ini dilakukan untuk menjamin seluruh masyarakat terhindar dari risiko penularan COVID-19.

Disebutkan oleh juru bicara satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, salat idul fitri wajib dilakukan dari rumah masing-masing pada daerah berzona merah dan oranye.

"Pokok yang harus diperhatikan ialah diwajibkan beribadah dari rumah masing-masing bagi penduduk di daerah berzona merah dan oranye," ujar Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/5/2021).

Sementara itu, pada daerah dengan zona kuning dan hijau, pelaksanaan ibadah berjamaah atau salat id boleh dilakukan, tetapi dengan sejumlah syarat berikut:

  • Mampu meminimalisir kegiatan yang menimbulkan kerumunan selama menjalankan rangkaian ibadah berlangsung, contohnya seperti dengan berwudhu dari rumah
  • Membawa peralatan dan alat ibadah sendiri
  • Hanya diikuti oleh maksimal 50 persen dari kapasitas tempat
  • Membentuk satgas di masjid atau mushala untuk menegakkan kedisiplinan protokol kesehatan, termasuk memastikan ketersediaan fasilitas pendukung, seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan desinfektan
  • Jika memungkinkan, memanfaatkan teknologi sebagai sarana pendukung ibadah, seperti mendengarkan khutbah melalui pertemuan virtual.


Simak Video "Zona Merah di DKI Jakarta Hanya Tersisa 1 Lokasi, di Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya