Kamis, 06 Mei 2021 03:30 WIB

6 Pilihan Menu Sahur Sehat Agar Tetap Berstamina dan Terhidrasi saat Puasa

Ardela Nabila - detikHealth
tips makan sahur agar tidak cepat lapar Pilihan menu sahur yang bergizi agar berstamina seharian. (Foto: istock)
Jakarta -

Menjelang akhir bulan Ramadhan, sahur sering kali dilewatkan dengan berbagai macam alasan. Padahal, sahur merupakan waktu penting agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa.

Namun, bukan berarti kamu bebas mengonsumsi jenis makanan apa pun saat sahur. Sebab, yang terpenting adalah nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi, bukan yang hanya bisa membuat perut terasa kenyang.

Makanan yang menyediakan nutrisi esensial tentunya bisa membantu memberikan stamina dan hidrasi sepanjang hari. Dikutip dari laman Food NDTV, berikut 6 makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa.

Telur

Telur kaya akan protein, vitamin, dan nutrisi. Mengonsumsi telur saat sahur akan membuat perut terasa kenyang. Agar tak bosan, kamu bisa mengonsumsi telur dengan berbagai variasi, seperti dengan menjadikannya omelet sayur, telur orak-arik, atau merebusnya dan dikombinasikan dengan salad.

Oatmeal

Makanan tinggi protein yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang, terutama bagi orang-orang yang sedang diet. Selain protein, oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat tinggi. Untuk sahur, kamu bisa mencampurkan oatmeal ke dalam smoothies.

Ikan dan ayam

Siapa yang tidak suka dengan ikan dan ayam? Selain enak, kedua menu ini cocok untuk dikonsumsi saat sahur karena bisa meningkatkan stamina saat berpuasa. Namun, sebaiknya kamu menghindari memasaknya dengan cara digoreng. Sebagai gantinya, kamu bisa memasak dengan menjadikannya sebagai sup atau menu berkuah lainnya.

Buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membuat tubuh menjadi berenergi. Selain itu, sayur dan buah bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian yang membuat tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Beberapa jenis sayur dan buah yang mengandung tinggi air adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, timun, selada, bayam, dan seledri.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)