Minggu, 09 Mei 2021 05:04 WIB

Vaksin Corona Sinopharm Dapat Izin WHO, Sinovac Segera Menyusul?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 di Jakarta sasar warga di permukiman padat penduduk. Warga di Tanjung Priok dan Sunter Agung pun disuntik vaksin Corona dosis pertama Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Pemberian izin darurat untuk vaksin Sinopharm oleh organisasi kesehatan dunia WHO membuka peluang bagi vaksin Corona buatan China lainnya, CoronaVac dari Sinovac. Keputusannya diperkirakan keluar dalam waktu dekat.

Vaksin Sinopharm mendapatkan emergency use listing (EUL) dari WHO baru-baru ini. Perwakilan WHO untuk China Dr Gauden Galea menilainya sebagai milestone yang bakal meningkatkan pasokan vaksin global secara signifikan.

"Keputusan yang diumumkan Jumat oleh WHO di Jenewa untuk memberikan EUL pada vaksin COVID-19 yang dibuat di China mewakili sebuah milestone pencapaian," katanya, dikutip dari Livemint.

Menurutnya, persetujuan untuk vaksin Sinopharm bisa mendorong pengakuan WHO untuk 15 vaksin COVID-19 lainnya yang dikembangkan di China. Termasuk di antaranya, vaksin CoronaVac buatan Sinovac yang diperkirakan bakal mendapat persetujuan dalam beberapa hari ke depan.

"Ini seharusnya juga mendorong kontribusi yang lebih besar dari China untuk pasokan global dan keadilan vaksin," kata Dr Galea.



Simak Video "BPOM: Kejadian Efek Samping Vaksin Sinopharm Sangat Minim Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)