Minggu, 09 Mei 2021 08:21 WIB

Mengenal HCG, Hormon Pemberi Hasil Positif pada Testpack Kehamilan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Positive pregnancy test Testpack kehamilan (Foto: Getty Images/iStockphoto/MJ Breiva Photography)
Jakarta -

Munculnya 2 garis pada testpack kehamilan umumnya sangat ditunggu-tunggu pasangan yang baru menikah. Ini merupakan pertanda positif kehamilan yang dideteksi dari keberadaan Human Chorionic Gonadotropin atau hormon hCG.

Karenanya, hCG dikenal juga sebagai indikator kehamilan. Alat testpack kehamilan bekerja dengan mendeteksi hormon tersebut.

Dikutip dari Pregnancy Birth Baby, hormon hCG diproduksi oleh plasenta saat hamil dan bakal terdeteksi di urine. Dalam pengecekan darah, hCG juga berguna untuk mendeteksi apakah kehamilan berjalan dengan baik.

Produksi hormoh hCG dimulai ketika sel sperma bertemu dengan sel telur di dalam tubuh wanita. Kadarnya meningkat dalam dua pekan pertama kehamilan sehingga bisa dideteksi dengan testpack kehamilan.

Hasil positif biasanya akurat, tetapi jika negatif maka tes bisa diulang sekitar sepekan kemudian. Bisa jadi, kadar hCG belum cukup banyak sehingga belum reaktif.

Keberadaan hormon hCG tidak selalu tinggi selama kehamilan. Mendekati kelahiran, kadarnya justru menurun.

Hormon hCG juga dikaitkan dengan fenomena morning sickness pada ibu hamil, terutama pada trimester pertama. Dikutip dari Insider, 70-80 persen ibu hamil mengalami fenomena ini.

Lalu, apa sih sebenarnya fungsi hormon hCG?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
DMentor
×
The Right Man In The Right Place Dalam Bisnis
'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis Selengkapnya