Selasa, 11 Mei 2021 13:00 WIB

Setahun Lebih Pandemi, Laos Catat Kematian Pertama Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi jenazah Laos catat kematian pertama virus Corona setelah setahun pandemi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Setelah lebih dari setahun pandemi, Laos mencatat kematian pertama akibat virus Corona, demikian dilaporkan media lokal pemerintah Vientiane Times.

Pasien yang meninggal adalah seorang wanita berusia 53 tahun dari Vientiane. Kondisi wanita itu diperburuk akibat diabetes yang diidapnya dan masalah medis lainnya.

Laos juga mengalami lonjakan kasus COVID-19 sejak merayakan liburan pada 14 April lalu. Infeksi COVID-19 juga meroket di negara berpenduduk tujuh juta itu sejak bulan lalu, ketika gelombang terburuk juga dimulai di negara tetangga Thailand dan Kamboja.

Otoritas kesehatan mengaitkan lonjakan baru-baru ini dengan superspreader yang kontak dekatnya memberikan informasi yang tidak akurat tentang keberadaan dan kondisi mereka.

Wakil Direktur Jenderal Departemen Kesehatan Laos, Bouathep Phoumin mengatakan orang tua yang tertular dan mereka yang punya penyakit penyerta cenderung mengalami gejala parah akibat infeksi Corona.

Dari data yang dihimpun oleh Our World in Data dan CNN, Laos telah memberikan 184.387 dosis vaksin COVID-19 untuk sekitar 7,28 juta populasinya.



Simak Video "Pesan Satgas Soal Viral Penggunaan Obat Ivermectin untuk COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)