Rabu, 12 Mei 2021 12:01 WIB

Dulu Dipakai Ritual, Sungai Gangga Kini Dipenuhi Jenazah COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus Corona di India melonjak, salah satu faktor yang dituding jadi penyebabnya adalah ritual mandi massal, Khumb Mela yang diikuti oleh ratusan ribu orang di Sungai Gangga. Seperti apakah ritual ini? Sungai Gangga, India. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Lebih dari 40 mayat yang sudah kembung dan membusuk ditemukan terdampar di tepi sungai Gangga di India pada Senin pagi (10/5/2021). Banyak yang percaya mayat itu adalah pasien Covid-19 yang datang dari Uttar Pradesh.

Dilaporkan media lokal NDTV, jenazah, yang beberapa di antaranya telah dibakar, mungkin dibuang ke sungai oleh keluarga yang tidak dapat menemukan tempat untuk mengkremasi atau menguburkan mereka.

Para pejabat juga melaporkan bahwa jenazah bisa saja berakhir di sungai sebagai bagian dari praktik mengkremasi korban COVID-19 di sepanjang sungai Gangga di Uttar Pradesh.

Pejabat distrik Chausa, Ashok Kumar, mengatakan bahwa sekitar 40 hingga 45 jenazah terlihat mengambang, tetapi menambahkan bahwa mungkin ada lebih dari 100 jenazah. Dia juga mengatakan jenazahnya akan dikuburkan atau dikremasi.

"Mayatnya kembung dan telah berada di air setidaknya selama lima hingga tujuh hari. Kami sedang membuang tubuhnya. Kami perlu menyelidiki dari mana mereka berasal, kota mana di Uttar Pradesh - Bahraich atau Varanasi atau Allahabad," kata pejabat lainnya, KK Upadhyay.

"Mayat bukan dari sini karena kami tidak memiliki tradisi membuang mayat di sungai," lanjutnya.

Berita tentang situasi tersebut telah menyebabkan kepanikan di kota dan desa-desa tetangga tentang infeksi dari tubuh dan air sungai.

Sementara itu, penduduk lokal melaporkan kekurangan kayu untuk kremasi dan meningkatnya biaya terkait pemakaman, yang membuat keluarga tidak punya pilihan selain membuang jenazah orang yang mereka cintai ke sungai.

"Sungai menjadi jalur terakhir mereka sehingga orang-orang membenamkan mayat di sungai," kata seorang warga.

Pada awal April lalu, sungai Gangga dipenuhi oleh ratusan ribu warga India untuk merayaan ritual keagamaan Kumbh Mela. Sungai ini adalah sungai penting dan suci bagi umat Hindu.

Sungai ini diibaratkan sebagai Dewi Gangga dan diyakini bahwa mandi di sungai membawa keberuntungan, menyebabkan pengampunan dosa seseorang dan memfasilitasi moksa (pembebasan dari siklus hidup dan mati).



Simak Video "Konjen RI di India Ungkap Fakta Penemuan Jenazah di Sungai Gangga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)