Jumat, 14 Mei 2021 12:00 WIB

CDC Bolehkan Warga AS Lepas Masker Usai Divaksin, Ini Komentar Joe Biden

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Joe Biden (Brendan Smialowski/AFP/Getty Images) Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Foto: Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengizinkan warga yang telah divaksinasi COVID-19 untuk melepas masker saat beraktivitas, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Pedoman ini berlaku bagi mereka yang telah divaksinasi secara penuh.

Tak hanya itu, warga Amerika Serikat (AS) yang telah divaksinasi pun diperbolehkan untuk tidak menjaga jarak di sejumlah tempat yang telah ditentukan. Menurut CDC, kebijakan ini bertujuan agar lebih banyak warga AS yang mau divaksinasi COVID-19.

Menanggapi hal ini, Presiden AS Joe Biden mengaku sangat senang dengan kebijakan tersebut. Namun, ia memperingatkan bahwa COVID-19 masih ada dan sudah banyak warga AS yang meninggal akibat penyakit ini.

"Aturannya sangat sederhana, vaksinasi atau pakai masker sampai kamu mau melakukannya," kata Biden, dikutip dari NBC News.

"Pilihan ada di tanganmu. Sekarang mari selesaikan pekerjaan untuk mengalahkan virus ini dan mengembalikan semuanya ke normal," lanjutnya.

Biden pun menekankan bahwa sebagian warga AS mungkin belum merasa nyaman bila diminta untuk melepas maskernya meski sudah divaksinasi. Oleh karena itu, ia meminta warganya agar orang-orang tersebut diperlakukan dengan baik dan tidak dipaksa.

"Saya pikir ini adalah pencapaian yang luar biasa, hari yang luar biasa," ujar Biden.

"Itu dimungkinkan karena pencapaian yang kami miliki dalam memvaksinasi begitu banyak warga AS dengan begitu cepat," tuturnya.



Simak Video "Warga AS Khawatir dengan Aturan Tak Wajib Pakai Masker Usai Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)