Minggu, 16 Mei 2021 15:10 WIB

Kemenkes Setop Sementara AstraZeneca Batch CTMAV547, Terkait Pembekuan Darah?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Penggunaan vaksin Corona AstraZeneca batch CTMAV547 dihentikan sementara untuk dilakukan uji toksisitas dan sterilitas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menyebut penghentian sementara ini tidak berkaitan dengan kejadian pembekuan darah yang diduga dialami oleh salah satu penerima vaksin AstraZeneca beberapa waktu lalu.

"Belum dapat dipastikan, tapi kalau terkait pembekuan darah sepertinya tidak karena proses kematiannya mendadak. Sementara kalau pembekuan darah butuh beberapa hari kejadiannya kurang lebih 5-7 hari," kata dr Nadia kepada detikcom, Minggu (16/5/2021).

Ditegaskan oleh dr Nadia, penghentian sementara ini sesuai dari permintaan BPOM dan akan dilakukan sampai hasil kajian BPOM selesai.

"Sesuai permintaan BPOM," sebutnya.

Dalam siaran pers di laman Kemenkes, batch vaksin AstraZeneca CTMAV547 berjumlah 448.480 dosis yang sudah didistribusikan untuk TNI dan sebagian di kirim ke DKI juga Sulawesi Utara.

Ditegaskan pula bahwa batch lain vaksin AstraZeneca tidak dihentikan. Penggunaan vaksin Corona AstraZeneca selain batch tersebut disebut aman dan memberikan manfaat lebih besar sehingga masih dilanjutkan.

(kna/kna)