Senin, 17 Mei 2021 13:34 WIB

RI Kemasukan Lagi 2 Kasus Corona Varian Baru, Menkes Minta Testing Diperbanyak

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumlah kasus positif Corona di DKI Jakarta per hari ini mencapai 3.165 kasus. Hal itu membuat Puskesmas di Cilandak Jaksel melayani PCR Swab hingga 100 orang. Foto ilustrasi: Rengga Sancaya
Jakarta -

Indonesia kembali menemukan dua kasus varian Corona baru di Jawa Timur. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan ada kasus varian Corona Afrika Selatan dan Inggris pada pekerja migran Indonesia yang baru kembali dari Malaysia.

"Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia. Mereka membawa satu mutasi Afrika Selatan dan satu mutasi dari London," kata Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

Menkes Budi mengimbau agar daerah terus menerapkan protokol kesehatan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Terutama tngkatkan upaya pelacakan kasus dan jangan takut untuk melakukan tes Corona sebanyak-banyaknya.

"Tracingnya 15 kontak erat dalam waktu 72 jam dan testingnya juga kalau bisa dilakukan sebanyak-banyaknya," ungkap Menkes Budi.

"Tidak usah takut kelihatan banyak, itu lebih baik. Karena kita bisa mendeteksi adanya pergerakan mutasi baru," pungkasnya.

Kehadiran berbagai varian Corona jadi perhatian karena studi telah mengonfirmasi sifat virus yang lebih mudah menular. Belum lagi ada dugaan bahwa varian juga memiliki kemampuan untuk menghindari antibodi sehingga mungkin berdampak pada efektivitas vaksin yang ada.



Simak Video "Menkes: Ditemukan 2 Kasus Mutasi Corona India di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)