Selasa, 18 Mei 2021 05:44 WIB

Dipercaya Beri Oksigen Ekstra, Pasien COVID-19 India Dirawat di Bawah Pohon

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Krisis COVID-19 yang terjadi di India membuat orang-orang melakukan segala cara untuk bisa sembuh. Salah satunya dengan sengaja merawat pasien yang sesak napas di bawah pohon dengan harapan dapat membantu meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh.

Di desa Mewla Gopalgarh, India, para pengobatan alternatif menempatkan orang-orang yang sakit di luar ruangan. Sapi tampak merumput di mana-mana sementara jarum suntik bekas dan bungkus obat kosong berserakan di tanah.

"Saat orang-orang kesulitan bernapas, mereka harus segera ke bawah pohon untuk meningkatkan kadar oksigennya," ujar warga setempat, Sanjay Singh, yang ayahnya meninggal beberapa waktu lalu usai mengalami gejala demam.

"Banyak orang sekarat dan tidak ada yang memerhatikan kita," lanjutnya seperti dikutip dari Reuters, Senin (17/5/2021).

Krisis oksigen memang jadi salah satu masalah yang kini dihadapi India di tengah gelombang tsunami COVID-19. Suplai oksigen di rumah sakit kota-kota besar bahkan seringkali tidak mencukupi.

Sementara di daerah pedesaan kondisi masalah tersebut semakin parah sehingga sebagian warga terpaksa harus berupaya sendiri.

"Sejujurnya di tempat kami tidak pernah dilakukan tes COVID-19. Kami sudah mencoba, tapi mereka bilang tidak ada tenaganya," ungkap mantan kepala desa Mewla Gopalgarh, Yogesh Talan.

(fds/up)