Selasa, 18 Mei 2021 13:44 WIB

Daftar Terbaru 7 Zona Merah Corona di Indonesia, Sleman-Salatiga Termasuk

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penerapan PSBB di Jakarta akan berakhir pada 4 Juni esok. Pemprov DKI pun akan terapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) di kawasan zona merah COVID-19. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Wilayah zona merah COVID-19 di Indonesia terus mengalami penurunan selama dua pekan. Jika sebelumnya ada 12, kini jumlah zona merah Corona turun menjadi 7 wilayah.

Berdasarkan data yang dihimpun Satgas COVID-19 per 16 Mei 2021, wilayah dengan zona merah Corona terbanyak berada di Sumatera Barat. Dua wilayah Pulau Jawa juga kembali masuk ke zona merah, yaitu Kota Salatiga dan Sleman.

Tak hanya zona merah, wilayah di zona oranye atau risiko sedang juga ikut mengalami penurunan. Jika sebelumnya terdapat 324 wilayah, saat ini hanya ada sebanyak 321 wilayah di zona oranye.

Meski mengalami penurunan, Prof Wiku Adisasmito selaku juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 terus mengingatkan untuk tetap selalu waspada. Sebab, zona oranye atau zona risiko sewaktu-waktu masih bisa berpindah ke zona merah jika masyarakat mulai lengah dan abai terhadap protokol kesehatan.

Berikut daftar lengkap zona merah Corona per 16 Mei 2021.

1. Sumatera Utara

- Deli Serdang

2. Sumatera Selatan

- Kota Palembang

3. Sumatera Barat

- Solok
- Kota Bukittinggi

4. Riau

- Kota Pekanbaru

5. Jawa Tengah

- Kota Salatiga

6. DI Yogyakarta

- Sleman



Simak Video "WFH di Zona Merah Jadi 75%, Pekerja Dilarang Lintas Daerah!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)