Jumat, 21 Mei 2021 13:35 WIB

Catat, 11 Obat Kolesterol Alami yang Mudah Didapatkan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Daripada Jadi Masker, Buah dan Sayuran Lebih Baik Langsung Dimakan Buah dan sayuran sebagai obat kolesterol alami. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/agencyby)
Jakarta -

Buah dan sayuran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat menjadi obat kolesterol alami. Berikut daftar makanan yang dipercaya berkhasiat membantu mengontrol kadar kolesterol.

Dengan menambahkan buah dan sayuran tertentu ke dalam menu makanan sehari-hari, kadar kolesterol akan menjadi lebih terkontrol.

Sebelumnya perlu diketahui, ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh. Yang pertama adalah kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) yang merupakan zat penting bagi metabolisme tubuh. Yang kedua adalah kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), yakni kolesterol juga bisa menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular jika kadarnya terlalu tinggi dan tidak dikendalikan dengan baik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu caranya dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran.

Bagaimana bisa buah dan sayuran menjadi obat kolesterol alami, dalam arti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat?

Dikutip dari Heart UK, ada begitu banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayuran. Makanan ini dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan sejumlah jenis kanker.

Sebagian besar buah dan sayuran hanya memiliki sedikit lemak, atau bahkan tidak mengandung lemak. Selain itu, makanan ini juga rendah kalori.

Apabila rutin mengonsumsi buah dan sayuran, kemungkinan besar kamu tidak akan mudah lapar namun tetap berenergi. Oleh karenanya, risiko untuk mengonsumsi makanan sembarangan yang bisa meningkatkan kolesterol pun dapat dibatasi.

Kemudian buah dan sayuran mengandung serat yang tinggi, yang diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat memiliki manfaat untuk menghambat sebagian kolesterol diserap dari usus ke aliran darah.

Dengan demikian, kolesterol di dalam darah tidak akan melonjak tinggi.

Buah dan sayuran apa saja yang dapat menjadi obat kolesterol alami?

Dikutip dari Healthline, pada dasarnya setiap jenis buah dan sayuran yang mengandung banyak serat itu baik untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Meski begitu, ada beberapa yang direkomendasikan, sebagai berikut.

  1. Alpukat
  2. Apel
  3. Anggur
  4. Jeruk
  5. Stroberi
  6. Terong
  7. Okra
  8. Wortel
  9. Kentang
  10. Bayam
  11. Kangkung.

Bagaimana cara mengonsumsi buah dan sayuran untuk menurunkan kolesterol?

Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran sebanyak lima porsi dalam sehari. Satu porsi dengan berat sekitar 80 gram.

Untuk khasiat yang lebih maksimal, kamu bisa memilih buah dan sayuran yang masih segar. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi buah dan sayuran yang berbentuk kaleng, karena biasanya sudah diberi tambahan gula atau garam.

Kemudian apabila kamu ingin mengonsumsi buah dan sayuran dengan cara dibuat jus, sebaiknya tidak diberi tambahan gula.

Terakhir, buah dan sayuran sebagai obat kolesterol ini tidak akan bekerja secara maksimal apabila tak dibarengi pola hidup yang sehat, seperti menghindari jajan sembarangan dan rutin berolahraga.



Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)