Sabtu, 22 Mei 2021 10:36 WIB

Paula Verhoeven Positif COVID-19 Lagi, Ini Gejala yang Dirasakan

Firdaus Anwar - detikHealth
Paula Verhoeven pernah positif corona Foto ilustrasi: YouTube Baim Paula
Jakarta -

Paula Verhoeven dikabarkan positif COVID-19. Sang suami, Baim Wong, mengaku kebingunan karena sebelumnya Paula tidak menunjukkan gejala dan diketahui sudah pernah terinfeksi.

Baim bercerita ini diketahui saat keluarga berencana liburan ke Bali. Mereka melakukan tes PCR pada tanggal 18 Mei lalu untuk memenuhi syarat perjalanan.

Hasilnya Baim dinyatakan negatif COVID-19, namun Paula positif dengan CT Value 31,32

"Bingung nih makanya kok bisa dua kali positif. Yang kemarin kan enggak ketahuan tuh, nah yang sekarang ketahuan," kata Baim Wong dalam vidoe terbaru di kanal Youtubenya dan dikutip pada Sabtu (22/5/2021).

Di dalam video dijelaskan bahwa Paula saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Ia mengalami gejala ringan pusing dan pilek.

Fenomena dua kali terinfeksi COVID-19 atau reinfeksi sebetulnya jarang terjadi. Tetapi, kemungkinan tetap ada dan diprediksi ahli akan semakin meningkat seiring dengan berlanjutnya pandemi.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, ini berbagai kemungkinan penyebab reinfeksi:

1. Antibodi yang menurun

Saat pertama kali terinfeksi COVID-19, respons sistem imun tiap orang bisa berbeda-beda. Antibodi yang dihasilkan oleh respons awal ini juga kemudian bisa berkurang seiring berjalannya waktu.

"Tingkat imunitas yang rendah setelah infeksi akan sulit untuk disamakan dengan perlindungan pasti dari reinfeksi," tulis peneliti seperti dikutip dari jurnal The Lancet.

2. Varian dan mutan

Beberapa varian virus Corona bisa memiliki mutasi tertentu yang dapat membuat virus dapat menghindari antibodi yang dimiliki oleh sebagian penyintas.

Sebagai contoh varian P1 di Brasil telah dikonfirmasi bisa menyebabkan kasus reinfeksi.



Simak Video " Pakar Prediksi Gelombang Ketiga Covid-19 Akan Terjadi Usai Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)